JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pejualan Mobil Bekas di Luar Jawa Lebih Signifikan

12 Februari 2019, 18:06:04 WIB
Pejualan Mobil Bekas di Luar Jawa Lebih Signifikan
Penyerahan hadiah pemenang program KESAMBER Adira Finance (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Penjualan mobil bekas lewat platform digital seperti momobil.id ternyata tinggi. Data internal momobil, penjualannya selama 2018 mencapai 1.200 unit pengajuan yang diterima oleh Adira Finance.

Penjualan mobil bekas di luar Jawa menjanjikan malah penjualan mobil tertinggi di Sumatera, Kalimantan setelah itu Jawa dan sekitarnya.  Itu bukan data umum tapi data di platform kita. 

Menariknya dari angka penjualan yang dibukukan momobil, Pulau Sumatera dan Kalimantan yang paling besar berkontribusi dalam penjualan mobil bekas. Padahal Pulau Jawa biasanya menjadi basis penjualan mobil di Tanah Air.

Deputy Director Digital Business and Operation Adira Finance, Manuel D Irwanputera menyebutkan dari angka 1.200 pengajuan yang diterima 25 persen berasal dari kedua wilayah tersebut diikuti oleh wilayah lainnya termasuk Pulau Jawa.

"Dari presentase pengajuan pembelian melalui moobil.id 25 persen dari total kontribusi berasal dari Sumatera dan Kalimantan. itu bukan data penjualan umum tapi data dari platform kita," kata Manuel di Jakarta, Selasa (12/2).

Penjualan mobil bekas yang lebih besar di wilayah luar Jawa sendiri, lanjutnya, kemungkinan terjadi karena terbatasnya jumlah dealer yang tersebar di wilayah tersebut sehingga konsumen lebih memilih meminang mobil melalui platform online seperti momobil.

"Faktor realnya kita masih bertanya ke dealer di sana. Tetapi memang diler di luar Jawa masih terbatas dan belum semasif di Jawa. Kebanyakan mobil di sini dibawa ke daerah dan di jual lagi. Bisa jadi ada faktor beda harga untuk model yang sama," ujarnya.

Kondisi ini membuat momobil optimis pada tahun 2019, mereka akan terus menggenjot penjualan mereka di daerah maupun di wilayah Jawa termasuk di Jakarta dengan berbagai program yang menarik.

"Kalau ke depan, di 2019 kita menargetkan untuk proporsional dengan angka yang sudah kita capai tahun ini. Target luar jawa masih cukup signifikan jumlahnya. Tapi di Jawa juga masih kita tingkatkan. Terget kita double dari angka kemarin," tukasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up