JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mobil Klasik Aston Martin Penenggak Anggur Siap Jadi Mobil Listrik

11 Desember 2018, 11:16:12 WIB
Mobil Klasik Aston Martin Penenggak Anggur Siap Jadi Mobil Listrik
Model konsep Aston Martin klasik yang akan jadi mobil listrik (Autoevolution)
Share this

JawaPos.com - Jika mobil masa depan yang saat ini digadang-gadangi harus berpenampilan futuristik moderen ala mobil khayalan 200 tahun mendatang, maka  anggapan itu tidak selalu tepat. Pengembangan mobil listrik yang tren dengan patokan desain itu, tampaknya berseberangan dengan Aston Martin, meskipun model lainnya mungkin akan demikian.

Hal ini dibuktikan oleh Aston Martin DB6 Volante 1970 yang justru dikembangkan menjadi mobil listrik atau electric vehicle (EV) dengan sebuah program khusus bermakna Heritage EV. Program ini rencananya akan mulai berjalan tahun 2019 untuk memberikan penghargaan pada salah satu model legendarisnya.

Kainginan Aston Martin melakukan hal ini agar memberikan masa depan yang sama berkelanjutan untuk model-model lawas yang menjadi ikon dalam kiprahnya di dunia otomotif. Autoevolution, Sabtu (8/12) menggambarkan proses Volante yang akan dikembangkan menjadi mobil listrik. 

Mobil Klasik Aston Martin Penenggak Anggur Siap Jadi Mobil Listrik
Mobil Aston Martin DB6 Volante, calon mobil listrik klasik. (Autoevolution.)

Kabarnya mesin konvensional 4 silinder segarisnya, akan dikonversi menjadi mesin bertenaga listrik. Pilihan inovasi yang memadukan model lama dengan teknologi baru yang mutakhir tentu akan kembali membangkitkan kekuatan desain jadul pada era mobil listrik ke depan.

Proses pengembangan akan dimulai dari mobil DB6 Volante milik pribadi seorang benama Charles yang disebut Price of Wales. Mobil ini dimilikinya selama puluhan tahun dan awalnya dikembangakan menjadi mobil lawas yang menenggak bahan bakar bioetanol dari Green Fuels. Bahkan konon bioetanol ini dikembangkan dari perasan anggur di Inggris.

Chief Executive Aston Martin, Andy Palmer mengungkapkan pengembangan mobil masa depan dengan menggunakan tubuh Aston Martin lawas merupakan sebuah penghargaan bagi mobil ikonik tersebut. Aston Martin sangat sadar tekanan lingkungan dan sosial ke depan akan sangat kuat untuk penggunaan bahan bakar fosil sehingga akan membatasi penggunaan mobil klasik di tahun-tahun mendatang, karena itu mereka ingin serius memikirkan bagaimanan mempertahankannya.

Rencana ini mungkin tidak mencakup model baru dari Volante tetapi lebih pada melindungi warisan sejarah Aston Martin sendiri. Untuk itu, pengembangan mobil abad ke-20 dalam format mobil listrik membuka peluang untuk memberikan cerita pada generasi mendatang tentang kualitas mobil lawas seperti DB6 Volante.

Format kebijakan ini dilihat dari banyaknya kolektor mobil klasik yang terus merawatnya dengan cara-cara yang istimewa. Bahkan mereka berupaya menambahkan dimensi lain  ke mobil klasik koleksi mereka dengan memberikan konversi pada sejumlah perangkat.

Ide yang lebih baik untuk Aston Martin adalah mereproduksi DB6 Volante dari cetak biru asli dengan format minus mesin dan transmisi dan kemudian tempelkan motor listrik dan tentunya inovasi ini diharapkan tidak akan menurunkan atau menyurutkan Volante di mata para kolektor.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini