JawaPos Radar

Apple Bocorkan Teknologi AI untuk Mobil Tanpa Sopir Besutannya

11/12/2017, 17:09 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Apple mobil
Kecerdasan buatan Apple untuk mobil otonom. (Engadget)
Share this image

JawaPos.com - Apple semakin berani mengumumkan perkembangan mobil otonom (self-driving car) yang tengah digarapnya. Baru-baru ini Apple membeberkan teknologi kecerdasan buatan (AI) mereka pada sebuah presentasi.

Dilansir dari laman Engadget, Senin (11/12), Director of Artificial Intelligence Research Apple Ruslan Salakhutdinov mengungkapkan lebih banyak hal tentang pencapaian riset tim mobil otonom Apple. Sebagai permulaan, pihaknya mengaku telah membuat sebuah sistem yang menggunakan kamera onboard untuk mengidentifikasi objek bahkan dalam situasi yang sulit, seperti saat tetesan air hujan saat menutupi lensa. Teknologinya diklaim mampu memperkirakan posisi pejalan kaki bahkan saat mereka terhalang oleh mobil yang diparkir.

Kemudian pencapaian lainnya termasuk memberikan arahan mobil melalui lokalisasi dan pemetaan secara bersamaan, membuat peta 3 dimensi yang terperinci menggunakan sensor mobil. Tak ketinggalan juga mengembangkan sistem pengambilan keputusan dalam situasi darurat, misalnya, pengguna jalan yang tiba-tiba menyebrang, atau kendaraan yang berhenti mendadak.

Sejauh ini masih belum pasti mengenai kapan dan bagaimana Apple akan mengomersilkan kendaraan otonom mereka nantinya. Karena saat ini fokus mereka selanjutnya adalah membuat angkutan umum tanpa sopir.

Apple saat ini secara perlahan telah membuka ‘kimono’ pada penelitian AI-nya tersebut, meski belum jelas seberapa besar situasi dan perkembangannya. Penjelasan Salakhutdinov itu menunjukkan bahwa Apple menawarkan suatu keterbukaan yang konsisten daripada menjaga kerahasiaannya. Namun setidaknya, Apple telah berusaha untuk menunjukkan keseriusan mereka dalam mengembangkan kecerdasan buatan tidak hanya berbatas pada produk ponsel saja.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up