Dilego Rp 80 Juta: Yamaha Langka Berusia 18 Tahun, Jarak Tempuh 20 km

11/09/2018, 12:07 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Yamaha 125 Z motor langkah berharga puluhan juta (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Kendaraan lawas saat ini banyak menjadi incaran para kolektor. Tawaran harganya pun selalu menggiurkan. Beberapa waktu lalu sebuah Honda Astrea Grand lansiran 1991 berhasil dijual dengan harga fantastis di angka Rp 80 juta.

Beberapa waktu lalu, tepatnya Sabtu (9/9/2018), JawaPos.com bersama salah satu rekan media kembali bertemu dengan sebuah motor lawas di workshop Double Wheels Studio di Bike Corner, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Motor tersebut adalah Yamaha 125 Z Built Up Malaysia yang kini sangat langka. Motor lansiran 2000 itu berkelir kuning-silver, baru saja ditemukan di sebuah gudang diler di Padang, Sumatera Barat.

Bagian speedo meter sedikit kusam (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Marsell, penggawa workshop Double Wheels Studio di Bike Corner mengatakan, dengan kondisinya yang masih mulus tanpa lecet, kemungkinan motor ini sudah tersimpan selama 18 tahun di gudang tak terurus bahkan bannya masih original bawaan pabrik.

“Yamaha 125 Z ini motor Built Up Malaysia dan tidak dikelurkan di Indonesia. Waktu ditemukan di Padang, sudah kusam dan penuh debu. Kemudian dibersihkan dan saya detailing lagi. Ternyata semuanya masih original. Motor ini kemudian kita bawa Jakarta,” kata Marsell di bengkelnya, Sabtu (9/9/2018) lalu.

Motor ini cukup istimewa karena bukan hanya langka di Indonesia, tetapi pada masanya dia merupakan satu-satunya motor bebek 2 tak yang mampu menguber Kawasaki 150 dalam balap motor. Hal menarik lainnya dari motor ini adalah catatan spidometernya yang baru ada di angka 20 Km.

“Menariknya motor ini sudah 18 tahun tapi kilometernya baru di 20 km. Ini berarti hanya jalan waktu dipindahkan dari gudang satu ke gudang yang lain. Semuanya masih original. Kaca spidometernya sudah kusam dan pecah-pecah. Bannya bahkan masih ada tulisan made in Malaysia,” bebernya.

Motor ini, lanjut Marsell, sudah pernah ditawar oleh seorang pembeli dari Jogjakarta dengan harga Rp 50 juta, tetapi pemiliknya belum mau melepasnya. Kemungkinan ia masih menuggu tawaran yang lebih tinggi, mengingat motor ini termasuk barang langka.

“Semuanya masih dalam kondisi normal. Saat ini kalau mau dihidupkan tinggal ganti oli, isi bahan bakar, start, langsung jalan,” tukasnya.

Untuk diketahui, Yamaha 125 Z menggendong mesin 2 langkah berpendingin udara, kapasitas 124,3 cc dan 6 percepatan. Ia mampu menghasilkan power 17,5 ps pada 8.000 rpm dengan torsi maksimal 16,1 Nm pada 7.500 rm dengan kompresi sebesar 6.5:1.

(ce1/wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi