alexametrics

Bos Piaggio: Pasar Indonesia Masuk Top 3 di Asia

11 April 2018, 09:55:02 WIB

JawaPos.com – Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Dikarenakan populasinya yang banyak, Indonesia menjadi pasar potensial. PT Piaggio Indonesia pun, menggangap Indonesia masuk ke dalam top 3 pasar motor asal Italia tersebut.

Pasar Indonesia merupakan top three (3) di Asia. Untuk posisi pertama, tentu di Vietnam,” kata President Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, di Beer Hall kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (10/4).

Namun, Marco enggan menyebut negara terakhir yang menjadi pasar top 3 di Asia selain Indonesia dan Vietnam bagi Piaggio Indonesia. Selain menjadi top 3 di Asia, Indonesia adalah komunitas terbesar kedua di dunia setelah Italia. Karena hal ini, Piaggio ingin fokus ke Indonesia dengan terus membangun pilar yang sudah ada.

Meski diakui pilar yang terus dikembangkan itu untuk mencapai target penjualan, tapi Marco mengatakan Piaggio tak fokus di sisi pembenahan pilar yang sudah terbangun di Indonesia. “Penjualan merupakan objek kami juga tapi Piaggio melihat secara berbeda. Kami tidak fokus di angka, tapi hanya membenahi atau memperbesar pilar yang sudah dibangun, yaitu network development, product, service, dan merchandise dan aksesoris. Dengan terus mengembangkan pilar kami, target penjualan kami dengan sendirinya akan sampai ke angka tersebut,” jelasnya.

Untuk pasar Indonesia sendiri, Marco mengungkapkan kontribusi terbesar memang di Jabodetabek. Tapi, lanjutnya, daerah di luar Pulau Jawa bukan berarti tidak memiliki kontribusi terhadap penjualan Piaggio. Hal ini terbukti dari adanya dealer resmi di daerah luar pulau Jawa.

“Kontribusi memang terbesar di Jakarta tapi Piaggio tidak hanya fokus di Jakarta. Di Jabodetabek, kontribusinya kurang lebih sebesar 50 persen dan di luar Jabodetabek, kontribusinya juga sama berkisar 50 persen. Jadi merata. Di luar pulau Jawa sendiri, Piaggio mempunyai dealer resmi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali,” terangnya.

Dia menganggap banyaknya kompetitor di segmen skuter Premium menunjukkan strategi yang dibangun Indonesia sudah tepat. Hal ini membuat pasar skuter premium di Indonesia sangat besar.

“Dan kami, Piaggio menawarkan hal yang addict value, yaitu dari culture kita, komunitas kita, dan pastinya brotherhood Vespa itu sendiri. Jadi akan ada hal yang kita tawarkan kepada costumer,” imbuhnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/sab/JPC)

Bos Piaggio: Pasar Indonesia Masuk Top 3 di Asia