JawaPos Radar | Iklan Jitu

Lupa Matikan Mobil, Seorang Pria dan 2 Ekor Anjingnya Tewas

11 Januari 2019, 14:58:54 WIB
Lupa Matikan Mobil, Seorang Pria dan 2 Ekor Anjingnya Tewas
Kondominium tempat Thomas dan dua ekor anjingnya mati keracunan karbon monoksida. (autoevolution)
Share this

JawaPos.com - Peringatan penting untuk para pengguna kendaraan baik motor atau mobil, agar tidak lupa mematikan mesin saat melakukan perjalanan. Membiarkan mesin hidup sepanjang malam sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa orang di sekitar Anda.

Sebuah kisah mengejutkan terjadi di Kepualauan Davis, Tampa, Florida Amerika, karena kelalain tersebut. Thomas Martino dan dua ekor anjing peliharaannya ditemukan meregang nyawa. Sementara sang istri Pamela Martino kritis dan dirawat intensif di Rumah sakit, karena menghirup racun karbon monoksida dari knalpot mobil.

Autoevolution, Kamis (10/1) menyebutkan kejadian bermula dari kelalaian Thomas atau Pamela yang lupa mematikan mesin mobil setelah melakukan perjalanan jauh berrakibat fatal. Mobil yang hidup sepanjang malam digarasi mereka, memproduksi asap yang mengandung karbon monoksida memenuhi kondominium dan menyebabkan mereka keracunan.

Petugas kepolisian yang memeriksa tempat kejadian mengungkapkan gas buang mobl yang mengandung karbon monoksida yang terlepas sepanjang malam merembes dari garasi memenuhi isi rumah mereka dan menjadi pembunuh keluarga tersebut. 

Seorang tetangga Thomas yang menjadi saksi dalam keterangannya mengatakan kadang-kadang mobil baru yang tidak menggunakan kunci konvensional dan hanya memakai tombol memungkinkan orang lupa setelah kelelahan. Apalagi mobil moderen saat ini, nyaris tanpa suara,.

Menanggapi hal ini salah satu dokter setempat, Joette Giovinco menjelaskan bahwa karbon monoksida tidak berbau, itulah sebabnya ia disebut sebagai silent killer. zat ini menempel pada sel darah merah manusia, menggantikan oksigen, dan menyebabkan kematian. 

Ia juga memperkirakan bangunan rumah Thomas tidak dilengkapi dengan detektor karbon monoksida yang sebenarnya harus diinstal secara default disetiap rumah. Karena perangkat ini bisa memberikan signal atau pengingat dini ketika ada karbon monoksida yang terdeteksi.

Dengan kejadian ini, kepolisian dan pemerintah kota setempat menghimbau masyarakat agar lebih awas dan tidak lalai untuk mematikan mesin kendaraan ketika selesai menggunakannya. karena kejadian ini bisa saja menimpah siapa saja.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini