JawaPos Radar | Iklan Jitu

4 Hal Ini Wajib Diperiksa Agar Aman Berkendara Saat Melibas Hujan

10 Desember 2018, 15:37:38 WIB
4 Hal Ini Wajib Diperiksa Agar Aman Berkendara Saat Melibas Hujan
Periksa instalasi kebel mobil agar aman di jalan. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kendaraan yang digunakan pada saat hujan harus benar-benar sehat dan prima. Hal ini tentu menjadi hal wajib setiap hari walaupun tidak hujan. Namun pemeriksaan lebih intensif harus dilakukan pada saat berkendara di bawah guyuran hujan karena masalah bisa saja terjadi.

Pemeriksaan komponen-komponen atau semua bagian kendaraan harus dilakukan baik mobil maupun motor. Tujuannya agar saat berkendara tak terjadi masalah yang bisa membahayakan penggunanya. Artinya kendaraan dalam kondisi layak pakai.

Pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengungkapkan, banyak orang yang berpikir soal busi dan ban kendaraan bermotor saja, tetapi sebenarnya ada komponen lain yang harus ikut diperhatikan. Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pengguna kendaraan bermotor saat hujan.

4 Hal Ini Wajib Diperiksa Agar Aman Berkendara Saat Melibas Hujan
Wiper membantu pengendara saat berjalan dalam kondisi hujan. (Istimewa)

1. Periksa lampu mobil dan motor.

Hal itu penting karena lampu tidak hanya berfungsi sebagai alat penerang saja tetapi juga sebagai alat komunikasi dengan pengguna kendaraan lain. Jika semua lampu dalam kondisi menyala dan berfungsi dengan baik maka pengguna kendaraan lebih nyaman di jalan raya.

2. Perhatikan kondisi ban kendaraan.

Ban tentu menjadi komponen yang wajib diperiksa. Sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan, tapak ban harus benar-benar sehat. Apabila saat hujan dan tapak ban sudah mulai tipis atau benjol sebaiknya segera diganti, karena daya cengkramannya sudah menurun.

"Umur ban yang direkomendasikan pabrikan itu 4 tahun. Tapi kita jangan melihat dari usia ban yang ada di side wall. Misalnya satu tahun telapak ban sudah habis, atau ban mengalami benjol-benjol, sebaiknya diganti. jangan dipakai lagi, karena akan sangat berbahaya bagi keselamatan," kata om Jusri pada JawaPos.com, Minggu (9/12/2018)

3. Kabel-kabel pada kendaraan.

Instalasi listrik pada kendaraan yang kadang diabaikan oleh pengguna kendaraan. Baik mobil maupun motor, pemeriksaan kabel wajib dilakukan karena bila ada kabel yang sobek atau rusak bisa mengakibatkan risiko fatal saat terkena air secara langsung atau percikan air.

"Kabel mobil atau motor yang sudah 2 tahun lebih, harus diperiksa instalasinya. Karena mungkin ada yang sobek atau ada yang luka. Jangan sampai terjadi shockcart yang menyebabkan mobil macet total atau masalah lainnya yang mengganggu perjalanan,"jelasnya.

4. Periksa kondisi wiper mobil.

Wiper punya peran penting untuk menyapu air dan membersihkan kotoran saat musim hujan di kaca mobil. Bila karet wiper sudah mengeras dan kaku sebainya diganti karena ia tidak bisa menyekah kaca dengan optimal sehingga mengganggu pandangan pengemudi.

"Karet wiper ini secara fisik ada, tapi dia  gak seperti kampas rem yang bisa habis. Wiper secara fisik mungkin sama seperti awal kita beli. Tetapi karetnya sudah mengeras atau mati. Jadi harus diganti karena penggunaan wiper yang sudah mati tidak maksimal menyapu air dan residu kotoran. Akibatnya kotoran tetap menempel di permukaan kaca. Apa yang terjadi. Walaupun wiper berfungsi tapi tapi  tidak bersih akibatnya fisibility atau jangkauan pandangan orang berkurang. terkait ini akan mengurangi stamina orang ketika mengendarai mobil," urainya.

Bila Anda pengguna motor, perhatikan kaca atau visor helm. Jika baret halusnya sudah sangat mengganggu pandangan sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena baret halus ditambah dengan butiran air yang menempel pada kaca helm akan sangat mengganggu pandangan pemotor saat berkendara.

 

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up