JawaPos Radar

Roda Motor Berkapasitas 150cc Wajib Spooring dan Balancing

10/09/2018, 11:29 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Roda Motor Berkapasitas 150cc Wajib Spooring dan Balancing
Ban motor diatas 150cc perlu mendapat spooring dan balancing. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com – Spooring dan balacing roda kendaraan di Indonesia umumnya hanya dilakukan untuk mobil. Hal ini dilakukan untuk memberikan keseimbangan pada pijakan dan putaran roda yang satu dengan yang lain sehingga mobil lebih stabil.

Sementara untuk roda dua atau sepeda motor jarang terdengar atau terlihat. Sebenarnya perlu kah ban motor di spooring dan balancing? Kepala Bengkel Shop&bike, Ciledug, Tangerang Selatan, Gatot Prasetyo menjelaskan sebenarnya spooring dan balancing untuk sepeda motor wajib dilakukan.

“Kalau motor untuk cc besar, itu memang pabrikan sudah melakukan spooring dan balancing karena kecepatannya melebihi 100 km/jam. Itu dilakukan karena memang putaran rodanya  dikhawatirkan akan limbung jadi harus dilakukan namanya balancing,” kata Gatot pada JawaPos.com, Senin (10/9/2018)

Roda Motor Berkapasitas 150cc Wajib Spooring dan Balancing
Prose balancing roda motor. (Istimewa)

Gatot melanjutkan, kalau dari sisi kapasitas mesin motor 250 cc bagkan motor 150 cc sebenarnya sudah masuk kategori motor yang memerlukan spooring dan balancing , karena kecepatannya sudah melampai 100 km/jam.

Namun kadang hal tersebut terkendala dengan alat spooring dan balancing  yang tersedia dibanyak bengkel saat ini, mungkin juga di bengkel resmi tidak mensupport ukuran velg motor yang ada, karena biasanya ukuran antara  ukuran 2,5 sampai 3 inci seperti pada moge atau sepeda motor sport harian.

“Mungkin pemilik sepeda motor tak pernah melakukannya alias kesadaran ke arah itu. Terutama pada pelek depan, karena jika putaran tidak seimbang akan mempengaruhi fisik dan konsentrasi saat berkendara karena di kecepatan tinggi motor agak goyang, “ tukasnya.

Untuk itu, ia menyarankan agar pemotor juga mulai mempertimbangkan hal ini dan bisa meminta kepada bengkel penggantian ban untuk melakukan spooring dan balancing agar lebih nyaman dalam berkendara.

“Setiap kali penggantian ban juga perlu dibalancing ulang walaupun dari pabrikan sudah ada balancing. Namun setiap mengganti ban baru harus di balancing ulang, karena putaran roda yang baru harus diseimbangkan dengan ban yang sudah dipakai,” ujarnya.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up