alexametrics

Hati-hati Aquaplaning Bisa Buat Mobil Melintir

10 Februari 2019, 18:09:02 WIB

JawaPos.com  – Mengendarai mobil dengan aman tidak hanya membutuhkan skill pengemudi tetapi bagaimana pengemudi juga dapat memperhitungkan kondisi jalan yang dilintasinya.

Banyak pengendara di Indonesia  yang kerap mengabaikan kondisi jalan yang akan dilintasinya, sehingga justru menjadi  pemicu terjadinya kecelakaan fatal. Misalnya aquaplaning yang kerap terjadi saat mobil melintasi permukaan jalan yang basah dan tergenang air  hujan.

Instruktur Indonesia Defensive and  Driving Center (IDDC), Adrianto  Sugiarto Wiyono mengatakan permukaan jalan yang digenangi air hujan bisa menjadi pemicu slip mobil atau aquaplaning. Melintasi jalan dengan kondisi seperti ini, pengemudi harus lebih berhati-hati.

“Aquaplaning adalah kondisi hilangnya traksi roda terhadap permukaan jalan yang disebabkan oleh adanya air di antara ban dan jalan.  Kondisi jalan dengan genangan air bisa menyebabkan mobil mengalami  slip,” kata pria yang akrab disapa Rian kepada JawaPos.com, Minggu (10/2)

 Lebih lanjut, dia menjelaskan jumlah air pada ban ditambah permukaan jalan yang licin membuat telapak ban tidak maksimal mencengkram jalan sehingga kemungkinan slip sangat tinggi.

“Ban yang basah dan permukaan jalan yang licin bisa saja menyebabkan terjadinya aquaplaning. Mobil bisa oversteering atau understeering yang bisa membuat mobil melintir,” lanjutnya.

Karena itu antisipasi dan fokus berkendara saat musim hujan menjadi kunci. Kondisi kesehatan mobil dan kecepatan juga menjadi bagian yang harus menjadi perhatikan pengemudi untuk menjaga kestabilan mobil.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Hati-hati Aquaplaning Bisa Buat Mobil Melintir