JawaPos Radar

Modif Nisan Juke Full Racing, Bikin David Kapok Bilang Enggak Doyan

09/11/2018, 16:36 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Modif Nisan Juke Full Racing, Bikin David Kapok Bilang Enggak Doyan
Secara visual, Nissan Juke David tampak gempal dan sporty. (Dok. David)
Share this

JawaPos.com – Ternyata ketidaksukaan terhadap mobil tertentu justru bisa melahirkan daya kreatif. Mengubah wujud mobil menjadi menarik. Hal ini yang dilakukan David, pemilik Nissan Juke berkelir putih yang dimodifikasi menjadi mobil gahar.

"Jadi, Nissan juke ini sebenarnya mobil yang saya tidak doyan. Dulu sebelum beli mobil Nissan Juke, saya tidak pernah terpikir punya Juke. Ya. anak muda maunya kan pasti Honda Jazz, Yaris, Fiesta atau Mazda 2. Tapi tiba-tiba mobil ini ada di rumah dan berhubung saya enggak suka banget sama modelnya, terpikirlah memodifikasi," kata David kepada JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Ketertarikan David kepada mobil balap sejak kecil, menghasut niatanannya memodifikasi Nissan Juke ini dengan konsep Full Racing. Pertimbangannya karena selama ini belum ada satu pun orang yang menggunakan Nissan Juke sebagai mobil balap. Karena ingin serius di dunia balap ia tak asal memodifikasi. Tetapi mengikuti aturan baku balap beneran.

Modif Nisan Juke Full Racing, Bikin David Kapok Bilang Enggak Doyan
Di sektor interior, ubahan yang diberikan cukup ekstrim. Agar mendapatkan aksen balap yang kuat, kursi baris kedua dibobol. (Dik. David)

"Saya memodifikasi sesuai dengan peraturan mobil balap yang ada. Jadi enggak sembarangan. Saya menyesuaikan modifikasinya dengan peraturan kelas 1.600cc. Jadi kalau misalkan saya mau masuk dunia balap mobil diharapkan masih bisa memenuhi persyaratan," jelasnya.

Secara visual, Nissan Juke David tampak gempal dan sporty. Cukup banyak perubahan yang diberikan pada mobil ini. Dari sisi eksterior, ia memodif widebody yang mirip dengan model rocket bunny. Bagian depannya mengaplikasikan impul front bumper add on. Agar tampil lebih menarik ia melakukan facelift lampu belakang.

"Semua yang custom ini menggunakan bahan fiber dan dilakukan dibengkel Basecustom Tanggerang. Lamanya pengerjaan bodykit ini kurang lebih 1.5 bulan. Total dana yang dikeluarkan Rp 13.5 juta," ujarnya.

Di sektor interior, ubahan yang diberikan cukup ekstrim. Agar mendapatkan aksen balap yang kuat, kursi baris kedua dibobol. Termasuk plastik-plastik pilar, bagasi dan lantai. Kemudian, David menukarnya dengan FAC carbon fiber full bucket seat yang didukung custom bracket oleh add exhaust, serta racing harness 4 point dari d1 specs.

Perubahan juga dilakukan pada OMP steering wheel plus Bosskit HKB, Sinco Tech racing dash plush custom housing, D1 Specs Racing Gauge version III (Oil temp dan Water temp) plus Switches, custom housing menggantikan head unit dan Gen Fuel Meter ditambah custom housing di AC kanan.Pada bagian belakang kabin juga ditanam Rollcage ISOM standard (Welded) paten, APAR 3kg, dan pemotongan dudukan ban serep.

Pada bagian engine, ia melakukan upgrade HKS suction kit, Header ORD, full stainless piping di bengkel DD Exhaust, resonator dari DD exhaust, tailpipe akrapovic dry carbon, sturtbar custom, custom engine cover “FAC logo”, HKS T join untuk water temp sensor, dan Dastek Q4 dituning oleh Boy Sigmaspeed Sigmaspeed.

Ubahan pada kaki-kaki terbilang padat.  Ia bahkan melakukan request desain ke perusahaan D2 Forged wheels. Velgnya menggunakan merek D2 forged wheels ring 18 bagian depan berukuran 9.5 inci, offset 12 dan  belakang lebar 10 inci offset 5. Velg ini dibalut ban achilles ATR-K Sport dengan spesifikasi 265/35 R18 depan dan belakang. 

Sebagai mobil racing, Nissan Juke ini dibekali dengan sistem pengereman dari FAC brake kit 6 POT forged calipers bolt on Nissan Juke,  Slotted Single Rotor, steel racing brake line  dan tambahan sport pedal pengereman. Dengan ubahan yang menyentuh semua bagian, David menghabiskan budget kurang lebih Rp 215.100.000.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up