JawaPos Radar

Ingin Busa Helm Bersih Dan Enggak Kusut? Begini 4 Cara Cucinya Bro

09/11/2018, 11:57 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ingin Busa Helm Bersih Dan Enggak Kusut? Begini 4 Cara Cucinya Bro
Melepas busa (inner) helm untuk dicuci. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com – Helm kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap tentu membuat tak nyaman bagi penggunanya. Dalam kondisi seperti itu, sebaiknya helm dicuci agar kotoran dan bakteri yang singgah di  busa bisa dibasmi.

Banyak orang merasa ragu mencuci helm sendiri karena tidak memahami cara tepat melepas busa helm dari cangkang. Selain itu juga tidak tahu bagaimana cara mencucinya agar busa helm tidak kusut atau malah melar.

Untuk itu, Pendiri komunitas Belajar helm, Salcomo Eato berbagi tips kepada masyarakat pemotor Tanah Air. Baginya mencuci helm memang membutuhkan pengetahuan khusus dengan mempelajari struktur helm mulai dari pengait busanya, cara cuci hingga bahan yang digunakan untuk mencucinya.

Ingin Busa Helm Bersih Dan Enggak Kusut? Begini 4 Cara Cucinya Bro
Bagian busa helm setelah dilepas dari cangkang helm untuk dibersihkan. (Wilfridus Zenobius Kolo / JawaPos.com)

Berikut beberapa langkah tepat mencuci helm yang tepat agar helm tetap bersih dan tehindar dari bakteri akibat keringat dan kotoran yang menempel pada bagian dalam helm.

Pertama, membuka busa dari cangkangnya. Biasanya busa helm memiliki beberapa pengait pada dua bagian pipi, bagian atas kepala dan belakang helm. Lepas setiap pengait bagian helm dengan cara menekan batok dan menarik busanya secara perlahan hingga lepas dari pengait.

Kedua, setelah semua bagian busa atau spon dilepas, rendam busa helm dengan air bersih selama 15-an menit agar kotornya lepas dari busa. Kemudian busa dikeluarkan dan ganti air cucian pertama dengan air bersih yang telah dicampur dengan pewangi atau sabun cair bayi agar busa lebih wangi.

“Rendam busa helm dengan air bersih untuk melepas kotoran. Lalu rendam lagi kurang lebih sejam dengan sabun bayi atau softener. Jangan menggunakan sabun berat seperti deterjen karena air sabunnya akan meninggalkan sisa yang  mengganggu,” kata ito saat berbincang dengan JawaPos.com beberapa waktu lalu.

Ketiga, keringkan busa helm. Saat mengeringkan busa helm jangan sesekali memelintir busa seperti kebiasaan mencuci pakaian karena itu akan merusak bentuk busa sehingga justru tidak nyaman saat dipakai.

“Cukup ditekan beberapa kali hingga airnya keluar dan lembab. Setelah itu,  taruh ditempat yang tidak langsung kena sinar matahari. Biarkan busa helm kering dengan angin sehingga ia tidak kaku dan melar,” jelasnya.

Keempat, pasang kembali bagian busa perbagian satu-persatu dengan pangaitnya. Perhatikan agar dudukan masing-masing bagian busa tidak tertindih busa bagian yang lain karena akan mengganggu kenyamanan kepala. Setelah itu simpan helm pada sarung atau tempat yang nyaman.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up