JawaPos Radar

Ketika Truk "Bersolek" Dalam Sebuah Komptetisi

09/09/2018, 08:33 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ketika Truk "Bersolek" Dalam Sebuah Komptetisi
Ketika truk berdandan habis-habisan saat mengikuti kontes modifikasi di Jogjakarta (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Sebagai angkutan barang, truk kadang kurang mendapatkan perhatian dari pemilik atau pemakainnya. Jangankan dimodifikasi, untuk dicuci saja mungkin tidak sesering mobil penumpang atau mobil mewah. Di sisi lain kendaraan ini "dipaksa" untuk menghasilkan untuk si empunya.

Namun kali ini, kondisinya berbeda. Truk mendapat perlakuan ala mobil mewah dalam sebuah pameran. Sebagaimana yang terlihat di Jogja Expo Convention, Jogjakarta. Di sana ratusan unit truk "bersolek". Kendaraan niaga itu mengikuti kompetisi dalam ajang Jogjakarta Truck Festival (JTF) 2018 selama dua hari, dari Sabtu (8/9) hingga Minggu (9/9).

Di tempat itu banyak orang akan terpana melihat truk-truk keren yang telah berdandan. Dalam event itu kurang lebih 140 unit truk, 35 unit pikap serta puluhan miniatur truk yang terdaftar tampil beda dengan modifikasi keren.

Ketika Truk "Bersolek" Dalam Sebuah Komptetisi
Ketika truk berdandan habis-habisan saat mengikuti kontes modifikasi di Jogjakarta (Istimewa)

Truk-truk ini juga datang dari berbagai kota di Indonesia mulai dari Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Cirebon, Jakarta, Lampung, Jambi, Jepara, Malang, Kudus, Bali, Lombok, Semarang, Blitar dan Jogjakarta sebagai tuan rumah.

"Ini merupakan ajang modifikasi truk pertama kalinya yang digelar secara profesional. Tak kurang dari 195 peserta terlibat dan berkompetisi di sini memperebutkan sebanyak 15 kategori yang dilombakan," ujar Ketua Penyelenggara JTF 2018 Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Indro Kimpling Suseno dalam keterangan persnya yang diterima JawaPos.com, Minggu (9/9).

Pada pameran itu modifikasi truk-truk diperlombakan dalam beberapa kategori. Di antaranya The Best Truck Exterior, The Best Truck Interior, Extreme Modification dan lain-lain.

Indro Kimpling menambahkan, aktivitas itu bertujuan sebagai ajang kreativitas sekaligus wadah seni kreasi yang luar biasa bagi para pengguna dan pemilik mobil truk. Sekaligus menjadi ajang apresiasi terhadap peran penting mereka.

"Dalam urusan keseharian kita setiap hari secara tidak langsung tak bisa lepas dari dunia truk dan sopir truk. Mereka sangat berjasa dalam mengantarkan logistik untuk kehidupan kita," lanjutnya.

Sebagai salah satu merek kendaraan komersial di Indonesia, Isuzu ikut meramaikan Jogjakarta Truck Festival (JTF) 2018. Belasan unit truk Isuzu ELF tipe NMR71 tercatat sebagai peserta kontes.

Ubahan dimulai dari modifikasi eksterior dengan tampilan cat, cutting sticker serta airbrush, hingga bagian interior serta aplikasi sistem motorise menjadi bagian yang mendongkrak tampilan truk.

"Kami akui pengguna Isuzu Elf di Jawa Tengah memang memiliki keunikan tersendiri, khususnya para pengguna tipe NMR 71 yang memang terkenal kreatif untuk mendandani truk mereka. Kami sangat senang melihat konsumen loyal kami begitu intimnya dengan truknya,” ujar General Manager (GM) Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up