alexametrics

Wahana Bantu Siswa SMK Punya Bengkel Sendiri

9 Februari 2019, 13:25:51 WIB

JawaPos.com – Dukungan pendidikan tidak cukup membuat siswa-siswa yang memiliki kemampuan teknis di bidang otomotif untuk menjadi mandiri dan jauh lebih maju. Pembekalan, pendampingan pasca sekolah juga perlu dilakukan melalui lembaga-lembaga pelatihan usaha dan bisnis agar mereka dapat memiliki usaha sendiri.

Potensi ini sangat besar bagi lulusan SMK di tengah tumbuh pesatnya dunia otomotif di Indonesia. Melihat hal tersebut,  PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) dan Astra Honda Motor (AHM) melahirkan program Kurikulum Teknik dan bisnis sepeda motor yang memberikan kesempatan pada lulusan SMK untuk berwirausaha secara mandiri.

Program ini berbuah manis setelah banyak lulusan SMK Binaan Wahana miliki bengkel sendiri.Hal inilah yang dirasakan M. Fohan Budiman, siswa lulusan SMKN 5 tahun 2013, Kabupaten Tangerang, salah satu sekolah binaan Wahana.

Fohan kini telah mengelola bengkel sepeda motor milik sendiri. Bengkel dengan nama Fadlan Motor yang berada di wilayah Tangerang ini merupakan salah satu bentuk dukungan Wahana dan Honda kepada siswa lulusan SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), khususnya bagi mereka yang berprestasi dan miliki keinginan kuat untuk maju.

“Beruntung, saya bisa mengelola usaha bengkel sendiri berkat bantuan Wahana dan AHM. Dari awal saya ingin punya bengkel. Kemudian saya mencoba menawarkan lokasi yang saya miliki pada Wahana dan AHM, akhirnya jadi.  dan kini alhamdulillah berjalan,” kata Fohan di Tangerang

Ia juga mengaku bengkelnya terus maju karena ddukungan peralatan bengkel, dan stok part dan komponen motor yang diberikan lengkap sehingga memudahkannya untuk melakukan perbaikan dan perawatan motor konsumen.

Buah positif yang dihasilkan program ini membuat Wahana berkomitmen untuk terus melanjutkan program ini, sebagai bemtuk dukungan pada anak muda yang memiliki kegigihan untuk membangun masa depannya yang lebih baik.

“Wahana saat ini telah melakukan pembinaan 13 bengkel lulusan SMK Binaan yang tersebar di wilayah jakarta dan Tangerang. Tidak hanya berikan bantuan, Wahana juga tetap memantau hingga melakukan pembinaan untuk berikan layanan terbaik untuk sepeda motor konsumen yang ditangani,” ujar Group Head of Coporate Communication Wahana. Taryudin.

Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda motor merupakan porgram yang dapatkan perhatian serius daro main dealer dan PT. Astra Honda Motor. Sampai saat ini, Wahana telah membina 53 SMK yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Tidak hanya kualitas pendidikan dan fasilitas belajar, lulusan juga diberikan

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

Wahana Bantu Siswa SMK Punya Bengkel Sendiri