JawaPos Radar | Iklan Jitu

Januari 2019, Harley-Davidson Listrik Meluncur, Ini Tampangnya

07 November 2018, 18:04:59 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Januari 2019, Harley-Davidson Listrik Meluncur, Ini Tampangnya
Harley Davidson bermesin listrik siap meluncur Januari 2019 (Carscoops)
Share this

Jawapos.com - Harley-Davidson selalu memiliki kekhasan ketika digeber. Motor ini menarik dengan suaranya yang gahar dan berkarakter. Bagaimana jika moge ini tak lagi meraung, melainkan membisu? Agaknya kurang greget sebagai penunggang motor gede.

Hal ini dikhawatirkan akan terjadi pada model baru Harley-Davidson yang rencananya sementara mengembangkan sebuah motor listrik konsep bernama LiveWire. Carscoops, Selasa (6/11) mengungkap Harley-Davidson berencana mengambil langkah cepat agar menjadi trendsetter dalam elektrifikasi sepeda motor.

Bicara motor listrik tentu berkaitan dengan sebuah mesin efisien yang nyaris tak memiliki suara karena pembuangannya juga diatur sedemikian rupa sehingga kemungkinan tidak memiliki gas buang layaknya knalpot konvensional.

Januari 2019, Harley-Davidson Listrik Meluncur, Ini Tampangnya
Harley-Davisdon masa depan dengan desain klasik futuristik siap beraksi awal 2019. (Carscoops)

Namun nampaknya hal ini tidak akan terjadi karena mereka akan mendevelop perangkat khusus untuk mengakomodir suara khas Harlay-Davidson LiveWire. Motor ini kabarnya akan menggunakan powertrain listrik yang dirancang sebagai motor penduduk perkotaan.

Terkait spesifikasi mesin, otoritas Harley-Davidson  mengatakan mereika memiliki charger Level 1 on-board dan kabel listrik yang terletak di bawah jok. Saat pengisian ulang baterai, LiveWire dapat menggunakan pengisian daya Level 2 atau Level 3 dengan konektor SAE J1772 (AS) atau konektor IEC tipe 2. 

Motor ini akan memiliki power besar karena ia juga dibekali baterai lithium-ion 12 volt secara terpisah untuk menggerakan klaster lampu, klakson dan instrumen digital lainnya. Harley-Davidson LiveWire tidak hanya menarik karena mesin listriknya, tetapi juga desainnya. 

Motor ini mendapat gaya retro klasik yang dipadukan dengan teknologi moderen yang membuatnya akan tampil maksimal sebagai motor gede high class. Modelnya yang futuristik sangat menggoda dimana bagian mesin dan tangki seolah menyatu dengan gradasi yang sangat minim.

LiveWire memiliki layar touchscreen warna yang dapat disesuaikan dan menyediakan akses ke berbagai informasi melalui cluster digital. Perusahaan belum memberikan spesifikasi detail. Namun motor ini memiliki konektivitas Bluetooth dan navigasi GPS.

Pada bagian kaki-kaki, LiveWire mengaplikasikan roda 17 inci dengan ban sport Michelin. Roda depan didukung oleh sistem pengereman Brembo dengan fitur cakram ganda 11,8 inci yang menjanjikan pengereman sempurna. Motor ini juga memiliki rem anti-lock dan sistem kontrol traksi. 

Sosok keren ini, dibangun dalam kerangka aluminium yang kaku, suspensi Showa yang dapat disesuaikan dengan keinginan penunggangnya, sehingga ia dapat meredam getaran kuat dari permukaan jalan sehingga pengguna sangat nyaman. Motor ini rencananya akan meluncur pada januari 2019.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up