alexametrics

Catat Nih, Kanebo Bisa Bikin Cat Mobil Baret

7 Januari 2019, 17:15:38 WIB

JawaPos.com – Banyak pengguna mobil mengira bahwa mencuci mobil dengan busa salju lalu mengeringkannya dengan kenebo dan lap biasa membuat mobil bersih. Padahal kebiasaan seperti itu bisa merusak cat mobil.

Supervisor Autoglaze Indonesia, Fajar mengungkapkan, agar cat mobil aman dibutuhkan keahlian dan alat-alat penunjang yang memadahi. Hal itu bertujuan untuk memastikan cat mobil tidak rusak.

“Biasanya kita temui, banyak tempat cuci mobil menyiram mobil, lalu menyemprotkan busa salju kemudian dilap dengan kenobo dan selesai. Padahal dengan cara itu, air pada permukaan cat belum benar-benar kering sehingga bila mobil diperlakukan terus seperti itu maka mulai timbul jamur seperti titk-titik air pada permukaan cat mobil,” kata Fajar pada JawaPos.com, Senin (7/1).

Ia juga menjelaskan bahwa mobil yang dilap dengan kenebo itu rentan terhadap timbulnya  baret alus pada cat mobil. Kemungkinan pada saat kenebo dibilas air dan digunakan untuk mengeringkan bodi mobil ada pasir halus atau kotoran yang dapat menyebabkan baret atau melekatkan noda pada cat.

“Kita kan gak tahu, kualitas air dan penampung yang dipakai untuk membilas kenebo. Kalau tak benar-benar bersih dan masih meninggalkan bahan halus keras seperti pasir atau kotor karena terkena oli, bisa saja saat digunakan akan mengakibatkan barethalus. Makanya kita bisa lihat, banyak mobil yang setahun catnya banyak baret halus dan kusam,” beber Fajar.

Tritmen yang dilakukan Autoglaze berbeda, setelah mobil disiram dengan air bertekanan 180 bar, mereka menggunakan shamphoo mobil khusus dari Belgia. Lalu membiarkan samphoo itu yang mengangkat kotoran. Berikutnya disiram lagi dan dikeringkan dengan microfiber yang sangat halus, sehingga bodi mobil benar-benar kering.

“Kita pakai shampoo khusus yang bisa mengangkat kotoran kemudia disiram lagi, dan dikeringkan pakai microfiber yang halus. Dengan microfiber yang kering tidak ada pasir yang bisa menempel sehingga pengelapan untuk pengeringan akan benar-benar baik,” tukasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Catat Nih, Kanebo Bisa Bikin Cat Mobil Baret