JawaPos Radar | Iklan Jitu

VW 1974, Kendaran Camat yang Doyan Perang

06 November 2018, 12:04:22 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
VW 1974, Kendaran Camat yang Doyan Perang
Mobil perang lawas VW 181, mobil mungil segala medan. (Carscoops)
Share this

JawaPos.com - Volkwagen (VW) sebagai produsen mobil yang lahir sebelum perang dunia ke dua di Jerman telah memproduksi beragam model mobil pendukung keperluan militer. Pada tahun 40-an perusahaan ini meluncurkan mobil kicik bertenaga raksasa yang tak segan melahap segala medan.

Monster mungil itu adalah VW tipe 181. Mirip tipe safari pada zamannya yang memiliki desain menarik dengan jangkauan jelajah mumpuni. Kehebatan kendaraan itu bahkan diakui oleh negara di luar Jerman. Di antaranya yaitu Inggris, Meksiko hingga Amerika.

VW 181 diproduksi yang lawas bahkan memiliki usia yang panjang lebih dari 40 tahun karena antara tahun 1986 hingga 1983 ia masi diproduksi. Pada tahun 80-an mobil ini bahkan masuk ke Indonesia dan orang menganalnya sebagai mobil camat.

VW 1974, Kendaran Camat yang Doyan Perang
Tampang lawas VW 181 yang siap dilelang Januari 2019. (Carscoops)

Beberapa negara pengguna memberi julukan baginya. Misalnya, di Meksiko mereka mengenalnya dengan sebuatan mobil Safari, di Inggris kendraan itu dikenal dengan sebutan VW Trekker dan di Amerika disebut 'The Thing'.

Carscoops, Senin (5/11) mengungkapkan banyaknya pesanan dari negara luar, membuat VW pada rentang waktu 1968 sampai 1983 memproduksinya kurang lebih 90 ribu unit untuk kebutuhan sipil dan 2000 unit untuk kebutuhan operasional militer.

Untuk keperluan sipil biasanya mobil ini hanya menggunakan perangkat standar. Namun untuk kendaraan militer ia mendapat sedikit ubahan dengan menggunakan suspensi yang lebih empuk dan penunjang kaki-kaki yang lebih kuat. Contohnya velg alumunium dan beberapa komponen penunjang untuk mendukung performanya. Itulah sebabnya mobil ini juga banyak menjadi incaran modifikator untuk menciptakan karya seni.

VW 181 dibekali mesin empat silinder yang dikawinkan dengan gearbox manual 4-percepatan. Perjalanan panjangnya membuat banyak kolektor mobil antik terus memburunya diberbagai rumah lelang.

Sebuah rumah lelang terkenal di Amerika RMSothebys berencana melelang sebuah model VW 181 lansiran tahun 1974 yang masih mulus dengan komponen-komponen orisinil. 

Rencananya lelang ini dilakukan di Arizona pada 17-18 Januari 2019. Sejauh ini panitia lelang belum mengumumkan harganya. Namun mereka yakin akan banyak hal mengejutkan pada saat hari lelang.

(wzk/JPC)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up