alexametrics

TOSCA Smart Drive, Cara Komunitas Mobil Tekan Angka Kecelakaan

6 Maret 2019, 10:50:06 WIB

JawaPos.com – Keprihatinan dan kepedulian Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) terhadap road safety membuat mereka terus mengampanyekan keselamatan berkendara.

TOSCA membuat mereka aktif mendukung sejumlah aktivitas membangun masyarakat cerdas berkendara. 

Sejalan dengan visi dan misi tersebut, komunitas pengendaraan Sienta ini berencana mengadakan program TOSCA Smart Driver pada 9 – 10 Maret 2019 di Surabaya dan Semarang.

Acara TOSCA Smart Driver dirangkai menjadi one stop education. Memberikan pengetahuan dasar menjadi pengemudi pintar, memahami fitur keamanan yang terdapat pada kendaraan, proses pengecekan standar kendaraan. Tidak hanya itu TOSCA  juga bekerja sama dengan BNN dalam hal edukasi pencegahan narkoba.

Ketua Umum TOSCA, Nandang Sugianto mengatakan jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia berdasarkan data WHO pada tahun 2017- 2018 sebanyak 87.234 korban jiwa.

“Kami berinisiatif melakukan kegiatan Smart Drive sebagai langkah kecil mensosialisasikan behavior based driving. Mengemudi tidak hanya harus aman, efisien dan benar tapi juga harus bertanggung jawab,” kata Ketua Umum TOSCA, Nandang Sugianto melalui keterangan resminya pada JawaPos.com, Rabu (6/3).

Nandang menambahkan, nantinya TOSCA tak hanya mengundang komunitas mobil.  Tetapi juga mengundang komunitas transportasi berbasis online dan komunitas lainnya. Misalnya pecinta hewan, dan kuliner karena mereka mayoritas juga sebagai pengendara. 

“Acara Smart driver ini juga akan kami lanjutkan dengan memberikan donasi bagi-bagi helm kepada masyarakat di lokasi acara di Surabaya yaitu di lokasi Taman Dayu, Pandaan Jawa Timur, agar mereka lebih aman saat berkendara,” lanjut Nandan.

Acara Smart Driver didukung oleh pihak sponsor. Antara lain PT. Toyota Astra Motor, Auto 2000. Nasmoco, GT Radial, TRD Racing Development, Toyota Auto Finance, Garda OTO,  Pertamina Fastron, JNE, dan Thule.

Untuk diketahui, TOSCA terbentuk pada 30 Oktober 2016, saat ini mempunyai member sebanyak 1500 member yang tersebar di 16 chapter seluruh Indonesia, kegiatan yang sering dilakukan antara lain touring, kegiatan sosial CSR, dan juga safety driving campaign. 

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Copy Editor :

TOSCA Smart Drive, Cara Komunitas Mobil Tekan Angka Kecelakaan