JawaPos Radar

Topi Pelapis Helm, Tangkis Bau Apek Walau Tak Dicuci

04/07/2018, 15:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Topi Pelapis Helm, Tangkis Bau Apek Walau Tak Dicuci
Topi pelapis helm, berfungsi agar liner helm tidak mudah kotor. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com Seringkali kalau kita mengendarai motor dan memakai helm, kepala menjadi berkeringat, rambut pun menjadi basah dan bau. Apalagi jika helm sering dipinjam orang, dan bergonta-ganti pemakai. Tentu saja helm menjadi kotor dan bau. Belum lagi kalau kita harus mencuci helm tersebut. Tentunya ini sangat merepotkan, apalagi memang ongkos mencuci helm tidaklah murah. Karena itu kemudian dibuatlah Topi Lapis Helm (TLH). THL adalah buah kreasi pria kreatif bernama Jusept Wiyono di Yogyakarta.

Topi ini dikenakan  sebelum menggunakan helm. Dirancang khusus bisa melekat erat di helm. Jadi nantinya, topi ini akan melekat di helm. Bila sudah dirasa cukup kotor dan bau, topi yang berada di dalam helm bisa diambil, dicuci hingga bersih. Dijual dengan harga satuan Rp 12.000. Disarankan memiliki  2 buah topi, pengganti bila ada topi yang sedang dicuci.

Pilihan bahan katun berkualitas, dengan maksud agar topi yang digunakan tidak panas ketika digunakan. Kemudian jahit membentuk topi. Hanya saja topi ini tidak dibuat moncong seperti topi lainnya. Pada bagian atas topi diberikan perekat topi. “Perekat ini nantinya berguna merekatkan topi pada helm. Pada topi juga dibuat sabuk pengatur diameter, untuk mengatur besaran kepala,” Wiyono.  Dibuat berbagai macam warna, sesuai dengan keinginan konsumen. Bila ingin dibersihkan, tinggal mencopot topi ini dari helm.

Topi Pelapis Helm, Tangkis Bau Apek Walau Tak Dicuci
Dilengkapi dengan kain pelekat atau felcrow untuk melekatkan di bagian liner helm. (Istimewa)

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up