alexametrics

Tips Menghadapi Godaan Promo Kredit Mobil Murah

4 Mei 2019, 12:43:28 WIB

JawaPos.com – Mobil sudah menjadi kebutuhan banyak orang, mengingat moda transportasi umum juga belum cukup memadai untuk mendukung rutinitas yang padat. Jika Anda termasuk orang dengan mobilitas yang tinggi sepanjang hari, maka membeli kendaraan pribadi yang satu ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat.

Saat ini ada banyak pilihan mobil yang hadir di pasaran, mulai dari yang harganya super mahal hingga yang masuk dalam kategori mobil murah. Jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas untuk kebutuhan yang satu ini, maka membeli mobil murah akan menjadi pilihan bijak.

Lalu, bagaimana jika dana Anda bahkan tidak cukup untuk membawa pulang salah satu mobil murah ini secara tunai? Mengajukan kredit mobil murah bisa menjadi pertimbangan, sebab saat ada banyak pilihan mobil murah yang bisa Anda miliki secara kredit.

Tips Menghadapi Godaan Promo Kredit Mobil Murah
Ilustrasi spion mobil baru. Cermat memilih pola pembiayaan mobil baru sangat penting untuk hindari kesulitan keuangan (Pixabay.com)

Jumlah uang muka yang ditawarkan juga sangat beragam, bahkan Anda bisa menemukan mobil murah dengan uang muka mulai dari Rp10 jutaan saja bahkan kurang dari itu ketika sedang promo. Nilai ini mungkin terlihat kecil, namun Anda tidak bisa mengambil keputusan dengan terburu-buru.

Sebagaimana pembelian kredit lainnya, Anda juga wajib mempertimbangkan dengan matang pembelian mobil yang akan dilakukan. Hal ini penting, mengingat pembelian kredit ini akan membebani Anda dengan sejumlah cicilan setiap bulannya.

Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan, hanya karena tidak merencanakan pembelian mobil yang Anda lakukan. Simak beberapa poin penting berikut ini saat menghadapi godaan kredit mobil seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lihat dan Sesuaikan Kondisi Keuangan Terlebih Dahulu
Pembelian mobil ini tentu akan memengaruhi kondisi keuangan Anda. Bukan hanya untuk membelinya saja, mobil Anda juga akan membutuhkan perawatan rutin yang tentunya membutuhkan sejumlah dana dari keuangan Anda.

Anda perlu melihat kemampuan keuangan sejak awal dan pastikan bahwa kondisi keuangan tidak bermasalah serta tetap akan berjalan dengan baik setelah melakukan pembelian mobil tersebut. Setidaknya, Anda wajib mempertimbangkan 3 poin penting yang berkaitan dengan keuangan saat akan melakukan pembelian mobil:
• Ketersediaan dana yang akan Anda jadikan sebagai uang muka
• Kemampuan keuangan Anda untuk membayar cicilan mobil
• Total hutang dan cicilan tetap yang Anda miliki sekarang

Selain itu, perlu juga memastikan bahwa kondisi keuangan Anda benar-benar siap untuk melakukan pembelian mobil secara kredit. Ada beberapa prinsip yang perlu Anda penuhi dengan baik, agar keuangan tetap berjalan dengan baik dan lancar, antara lain: total keseluruhan cicilan maksimal adalah 30% dari penghasilan.

Oleh karena itu miliki dana darurat dalam jumlah memadai. Pastikan cicilan mobil Anda tidak membuat beban kemudian hari, setidaknya cicilan itu tidak lebih dari 30% dari penghasilan Anda.

2. Pilih Jenis Mobil yang Tepat
Apa tujuan Anda membeli mobil? Hal ini harus Anda pikirkan dengan baik sejak awal. Jika Anda membeli mobil untuk kebutuhan transportasi harian, maka membeli mobil jenis city car bisa menjadi pertimbangan.

Selain bodynya yang kecil, mobil seperti ini juga akan memudahkan Anda menembus kemacetan. Namun jika Anda akan membeli mobil untuk kebutuhan seluruhan anggota keluarga, maka membeli mobil jenis MPV akan menjadi pilihan tepat.
Pastikan Anda mempertimbangkan dan memilih jenis mobil yang tepat, sehingga kendaraan ini bisa memberikan manfaat maksimal bagi kehidupan Anda.

3. Perhatikan Bagaimana Harga Jualnya di Kemudian Hari
Meski Anda akan membeli mobil secara kredit, Anda tetap perlu mempertimbangkan harga jual mobil tersebut di masa yang akan datang. Pada umumnya harga mobil akan mengalami penurunan sekitar 10% hingga 15% setiap tahunnya, namun tidak tertutup jika harga sebuah mobil merosot dengan tajam.

Jadikan harga jual kembali ini sebagai salah satu pertimbangan dalam pembelian ini. Pilihlah mobil yang memang memiliki harga jual yang cukup tinggi atau setidaknya stabil.

4. Pertimbangkan Bunga Kreditnya
Pembelian secara kredit tentu akan menerapkan sejumlah bunga. Bunga kredit ini bisa saja beragam, tergantung pada pilihan leasing yang akan Anda gunakan. Semakin kecil bunga kredit, maka akan semakin ringan juga beban utang cicilan yang harus Anda bayarkan, dan berlaku sebaliknya.

Pastikan Anda mencermati hal ini dan menjadikannya sebagai salah satu pertimbangan, sebelum akhirnya melakukan pembelian mobil secara kredit. Sebab kredit itu identik dengan beban bunga yang tak boleh dilihat sebelah mata.

5. Cermati Skema Kredit secara Detail
Jangan lupa untuk mencermati skema kredit mobil Anda secara detail, sehingga Anda benar-benar memahami dengan baik dan tidak mengalami masalah di kemudian hari. Lakukan simulasi dan sesuaikan kemampuan keuangan Anda dengan masa serta jumlah cicilan yang Anda ambil.

Cermati penalti, denda, biaya bunga dan berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pembayaran serta biaya. Jangan sampai keuangan berantakan karena menghadapi masalah ini.

6. Ajukan Kredit Mobil Anda dengan Tepat
Bagi Anda yang sudah membutuhkan sebuah mobil, mengajukan kredit mobil murah bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan Anda merencanakan dan memperhitungkan dengan baik kondisi keuangan sebelum melakukan pembelian ini, sehingga kelak keuangan Anda tidak bermasalah. Pilih mobil yang tepat dan ajukan kredit mobil murah Anda dengan langkah yang tepat juga.

Editor : Mohamad Nur Asikin