JawaPos Radar

Kawasaki W175

Motor Retro Berwajah Mewah

04/02/2018, 17:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Motor Retro Berwajah Mewah
Kawasaki mengembangkan W175 sebagai pelengkap keluarga W di berbagai segmen (Teguh Jiwa Brata)
Share this image

JawaPos.com - Setelah meluncurkan W1, keluarga “W” mengembangkan line up-nya dengan konsep mewah dan klasik. W800 merupakan model high end-nya. Diikuti dengan estrella yang akan berubah menjadi W250. Untuk melengkapi seri W. Dengan mengusung konsep stilysh, fahionable, dan menyenangkan saat dikendarai. Kini Kawasaki mengembangkan W175 sebagai pelengkap keluarga W di berbagai segmen.

Sepeda motor ini memiliki mesin bertipe air cooled, 4-stroke single. Dilengkapi  bore dengan stroke berdimensi  65,5 x 52,44 mm. W175 memiliki rasio kompresi 9:1:1. Sistem katup SOHC , 2 valve. Spesifikasi lain mesinnya yaitu sistem karburator Mikuni MV24. Sistem pengapiannya menerapkan sistem DC-CDI. Sepeda motor ini dilengkapi dengan elektrik starter, sistem pelumasan forced lubrications, wet sump. Sedangkan ransmisinya 5-speed, return. Mesin ini memiliki kemampuan maksimum power sebesar 9,6 kW (13PS) / 7.500 RPM, dan maksimum torque sebesar 13,2 N.m /6.000 RPM.

Teknologi lain yang melekat pada mesin W175 yaitu Chrankshaft Balancer. Teknologi ini mengurangi vibrasi yang berlebihan pada sektor mesin tanpa menghilangkan karakter mesin. Penerapan warna hitam pada mesin yang dipadu dengan baut berwarna silver memberikan kesan mewah dan elegan. Detail pengecatan pada sirip Cylinder Head berkontribusi pada nampilan mesin yang aktraktif.

Motor Retro Berwajah Mewah
Teknologi lain yang melekat pada mesin W175 yaitu Chrankshaft Balancer (Teguh Jiwa Brata)

Dari mesin yuk beralih ke sistem pembuangan alias knalpot.  Lengkungan knalpot dipadukan dengan peashooter style di bagian silencer berhasil  memberikan kontribusi yang besar untuk tampilan retro pada W175.

Sementara itu, sepeda motor ini menggunakan chasis turbular , semi-double cradle frame. Chasis ini memiliki tingkat rigiditas dan durabilitas yang tinggi berkontrubusi pada karakter motor. Bentuk chasis yang bercabang di sekitar bagian bawah mesin dan membentuk huruf “U” pada jok belakang memperkuat tampilan retro. Bagian rangka yang lain yaitu swing arm yang memiliki panjang sesuai dengan proporsi desain.

Sebagai salah satu penunjuang kenyamanan pengendara, W175 dilengkapi dengan suspensi depan tipe teleskopik berdiameter 30 mm, wheel travel 110 mm, serta cover shock yang berfungsi untuk melindungi tabung shock sekaligus mempertegas kesan retro. Di bagian belakang, menerapkan shock dual shockbreaker dengan wheel travel 65mm.

Sestem pengereman yang melekat pada sepeda motor ini yaitu teknologi kaliper dual piston untuk rem depan. Cakram berdiameter 220 mm. Bentuk lubang pada cakram piringan menambah kesan retro. Sedangkan rem belakang menerapkan sistem tromol berukuran diameter 110mm. Reem tromol menambah kesan klasik namun tetap handal pada saat melakukan pengereman.

Lantas bagaimana dengan roda dan ban yangdigunakan? W175 menggunakan roda depan spoke wheel ring 17, 80 / 100- 17M/C (46P), dengan ban tube type. Ban dan roda belakangnya spoke wheel,  ring 17, 100/90-17M/C (55P), dengan tipe ban tube type. W175 memiliki pola jari-jari sama dengan tipe W yang lainnya. Misalnya Estrella dan W800. Sementara itu untui tipe SE menggunakan velk berwarna hitam. Terlihat mewah dan elegan.

Faktor ergonomis, stang, footpeg, dan jok W175 memposisikan pengendara pada titik yang natural. Berkontribusi pada kenyamanan berkendara di segala jarak.

W175 memiliki lampu depan berbentuk bulat. Dibingkai list berwarna krom. Khas sepeda motor klasik. Lapmpu depan menggunakan lampu 60watt serta mengaplikasikan multi reflektor. Lampu seperti ini memiliki visibilitas yang mumpuni untuk menembus gelapnya malam. Sementara itu lampu belakang memiliki desain yang sama dengan W800. Dibuat demikian untuk mempertegas garis desain dari keluarga W. Bentuk lampu sein didesain bulat agar kesan retro semakin terasa kental.

Di bagian panel instrumennya, sepeda motor ini menggunakan speedometer tipe analog, odometer, trip meter, indikator lampu jauh, sein dan posisi netral. Desain simpel berbentuk bulat. Untuk tipe SE dilengkapi dengan behel chrome. Feature lain yaitu tanki bahan bakar. Mengadopsi bentuk teardrop yang elegan dan berkelas. Sama seperti yang diterapkan pada Estrella. Tangki bahan bakar ini berkapasitas 13,5 liter, dengan kisaran konsumsi bahan bakar 1:30. Emblem ciri khas keluarga W melekat di bagian samping tangki. Serta kneegrip khusus menambah kesan klasik.

Kesan retro juga terpantul dari desain spion yang berbentuk bundar. Sedangkan untuk dimensi, sepeda motor ini memiliki panjang 1930mm, jarak wheelbase 125mm. Tinggi stang ke permukaan tanah 1030mm. Ketinggian jok dari permukaan jalan 775mm, lebar setang 765mm, radius putar 40 derajat, bobot kosong 126kg.

Untuk versi Special edition (SE) teredia beberapa varian warna. Yaitu Metallik spark black, new silver, metallic matte covert green. Sedangkan untuk versi standar hanya tersedia satu tipe warna yaitu pearl crystal white. Soal harga, versi standar dijual seharga Rp 29.800.000, sedangkan versi SE dibandrol Rp30.800.000. Tahun ini Kawasaki menarket penjualan W175 sebanyak 12.000 unit / tahun . Motor ini mulai dipasarkan di Indonesia pada tanggal 29 November 2017 lalu.

 

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up