alexametrics

Begini Cara Pasang Car Audio Tanpa Picu Garansi Mobil Gugur

3 September 2018, 12:07:01 WIB

JawaPos.com – Teknologi car audio di Indonesia saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini didukung banyaknya konsumen yang mulai melirik piranti-piranti car audio aftermarket yang mendukung kualitas suara dalam kabin mobil.

Meski demikian, tak sedikit juga orang awam berpikir bahwa memasang car audio bisa membatalkan garansi mobil mereka, sebab pemotongan atau perubahan instalasi bawaan pabrik bisa menggangu kelistrikan mobil.

“Memang benar tidak sedikit orang yang berpikir seperti itu. Tapi kalau sampai merusak garansi, tidak lah. Ini tergantung dari benar atau salah instalasi kabelnya. Jadi kalau kabelnya tidak dipasang dengan benar maka speaker-nya atau komponen lain juga rusak,” kata Johny Chandra A, Pemilik Workshop Mega Audio, yang berlokasi di Ruko Green Garden  Blok A.14 No.50, Jakarta Barat.

Begini Cara Pasang Car Audio Tanpa Picu Garansi Mobil Gugur
Cara pemasangan kabel yang benar menjadi penentu tidak terjadinya korsleting. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Lebih lanjut, Johny menjelaskan saat ini perkembangan dunia car udio sudah sangat mapan termasuk safety pada setiap perangkat audio. Apalagi sebenarnya pemasangan komponen audio seperti speaker itu tidak terkoneksi dengan listrik aktif atau hanya pasif sehingga kemungkinan korsleting sangat kecil.

“Kalau hanya soal pasang speaker tidak mungkin sampai korsleting karena dia tidak pakai listrik aktif tapi pasif. Kecuali pasang power karena kabelnya ditarik dari aki. Tapi semuanya sudah ada sekring mandiri sehingga kalau ada korsleting otomatis sekringnya yang putus dulu. Lebih aman jadinya,” terang pria paru baya itu.

Saat ini, tuturnya masyarakat awam tak perlu khwatir dengan masalah pasang audio bisa merusak garansi karena semua perangkat audio sudah menggunakan kabel khusus yang lengkap dengan soket. Kabel ini juga dikembangakn sesuai dengan keperluan kelistrikan mobil sehingga lebih aman.

“Jadi sekarang sudah tidak ada lagi potong-potong kabel. Instaler tinggal mengurut kabel sesuai dengan keperluan. Ada kabel power, kabel speaker dan lainnya sesuai dengan merek mobil. Jadi tinggal pasang plug&play di mobil,” tukasnya.

Jadi secara umum sebenarnya pemasangan car audio tidak menggugurkan garansi mobil kecuali perubahannya ekstrim hingga sampai pada tingkat modifikasi car audio untuk kontes yang membutuhkan penambahan boks pada penataan panggung mobil.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)

Begini Cara Pasang Car Audio Tanpa Picu Garansi Mobil Gugur