JawaPos Radar

Suspensi Omni-Directional (ODS), Teknologi Pengaman Helm Teranyar

03/07/2018, 03:19 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Suspensi Omni-Directional (ODS), Teknologi Pengaman Helm Teranyar
Tiap helm dilengkapi dengan peredam kejut itu sebanyak 26 – 29 buah, tergantung ukuran helm. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com  - Otak itu berharga, Itulah sebabnya pengendara sepeda motor yang cerdas selalu memakai helm. Helm selalu berevolusi dan dikembangkan secara bertahap agar bisa memberikan keamanan ekstra segala organ di bagian kepala. Berbagai bahan sudah diciptakan untuk helm. Misalnya serat karbon, kevlar dan fiberglass. Bahkan teknologi-canggih lain dengan sistem audio maupun bluetooth juga dibubuhkan ke helm.

Helm 6D menawarkan inovasi teknologi kemanan yang berbeda. Helm ini dilengkapi dengan Suspensi Omni-Directional (ODS). Dipasang di bagian dalam helm untuk menguruangi energi kejut  yang mungkin yang dialami oleh otak akibat benturan. Isolasi peredam elastomer berfungsi sebagai sistem suspensi tersebut. Tiap helm dilengkapi dengan peredam kejut itu sebanyak 26 – 29 buah, tergantung ukuran helm. Wujudnya menyerupai jam pasir berukuran kecil. Terbuat dari karet.

Bob Weber, co-founder dan CEO 6D Helmet menjelaskan, dengan memisahkan liner helm menjadi dua bagian, kita memiliki lapisan Expandable Poly Styrene (EPS) luar dikawinkan dengan batok (shell) dan lapisan dalam yang bersinggungan langsung dengan kepala pemakai. Di antara keduanya dipasang Sistem ODS. Pemasangan suspensi ini mampu meredam energi benturan jauh lebih baik dibandingkan dengan helm konvensional.

Suspensi Omni-Directional (ODS), Teknologi Pengaman Helm Teranyar
Peredam kejut berwujud menyerupai jam pasir. (Istimewa)

Lantas bagaimana mekanisme peredaman benturan tersebut bekerja? Hukum fisika F = m.a adalah jawabannya. Kekuatan adalah hasil kali antara percepatan dan massa. Memperlambat percepatan sama artinya mengurangi kekuatan yang akan muncul. Co-founder dan Direktur Teknik Robert Reisinger menjelaskan dalam istilah yang lebih sederhana “Perbedaan antara helm 6D dengan helm konvensional bisa diibaratkan seperti tali bungee jumping dengan tali statik. Kita akan lebih nyaman meloncat dengan tali bungee daripada dengan tali statik.,” tuturnya

Helm 6D juga menggabungkan bagian luar cangkang helm yang dibuat dari komposit serat karbon, serat aramid, dan fiberglass. Pengujian menunjukkan bahwa teknologi ODS 6D secara dramatais bisa meredam percepatan sudut dibandingkan dengan helm konvensional.

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up