alexametrics

Geliat Pasar Aksesoris Mobil di Sentra Otomotif BSD Autoparts

3 Februari 2019, 11:05:15 WIB

JawaPos.com – Perkembangan dunia otomotif di Indonesia tumbuh pesat di awal 2000-an. Pertumbuhan ini melahirkan peluang bisnis bagi para pemain produk-produk after market seperti variasi dan aksesoris kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

Memanfaatkan momentum ini sentra-sentra otomotif mulai tumbuh di kota besar seperti Jakarta dan wilayah penyanggahnya. Salah satu sentra otomotif yang ramai dikunjungi oleh pecinta otomotif adalah BSD Autoparts yang terletak di Jalan Raya Letnan Soetopo, BSD, Tangerang Selatan.

Lokasi BSD Autoparts diisi kurang lebih 354 kios part-part otomotif yang menyediakan ragam kebutuhan mobil mulai dari variasi, aksesoris hingga pernak-pernik mobil. Sentra otomotif yang berdiri sejak 2006 ini familiar di kalangan pecinta otomotif di sekitar wilayah DKI Jakarta.

Geliat Pasar Aksesoris Mobil di Sentra Otomotif BSD Autoparts
Berbagai aksesoris otomotif di salah satu Workshop BSD Autoparts (Wilfridus Zenobius Kolo/JawaPos.com)

Pemilik kios variasi dan aksesoris Damai Semesta Motor (DSM) Rudy mengatakan telah menikmati keuntungan yang cukup besar selama 8 tahun berada di BSD Autoparts. Sejak 2011, ia serius menggarap car audio, aksesoris dan telah mendapatkan banyak pelanggan.

“Dulu di Pondok Cabe, Fatmawati. Tapi karena pasarnya mulai menurun dan disini masih ada tempat akhirnya pindah ke sini. Merintis dari awal lagi memang dua-tiga tahun masih sepi. Tapi di tahun keempat sampai sekarang sudah stabil meskipun kadang ramai, kadang sepi. Tapi paling tidak sebulan ada 10 mobil yang kita tangani,” kata Rudy saat berbincang dengan JawaPos.com, di workshopnya, Sabtu (2/2).

Baginya menjual kebutuhan otomotif di area khusus seperti ini sangat menjanjikan. Alasannya, pasar otomotif sudah terbentuk sendiri secara natural.

“Kalau jualan barang otomotif di sentra otomotif seperti ini banyak untungnya. Konsumen pasti gak mau ribet muter-muter cari satu part otomotif di banyak tempat. Itu buang waktu. Jadi dia pasti cari pusatnya. tinggal di kios sebelah gak ada, cari di kios sebelah. Jadi tidak buang waktu. Kalau pun di kita gak ada kadang sebagai penjual kita minta ke teman yang lain sehingga konsumen tidak ribet,” jelasnya.

Workshop DSM menyediakan berbagai kebutuhan otomotif mulai dari kompnen audio hingga variasi. Untuk Audio ia menyediakan berbagai brand mulai dari merek terkenal seperti paket Head Unit, subwoofer, power dan speaker dari Pionner, Venom, dan Kenwood dengan kisaran harga Rp 2 sampai 8 juta hingga komponen audio buatan Tiongkok dengan rata-rata harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3 jutaan.

Untuk variasi dan aksesoris, Rudi menjual dan menangani penggantian kaca film, sarung jok mobil, sarung kemudi, wiper, monitor DVD mobil, serta perintilan mobil lainnnya. Rudy tak hanya mengandalkan tokonya secara fisik untuk jualan tetapi juga memanfaatkan platform e-commerce dan marketplace lainnya untuk menjual barang-barangnya.

Hal yang yang sama juga dialami Ko Deddy, pemilik Workshop Abadi Perkasa Motor yang berada di kawasan BSD Autoparts. Pria energik ini telah berjualan aksesoris sejak 2007. Produk-produk aksesoris berbagai merek tersedia di garainya mulai dari wiper, talang air, lips spoiler, cover lampu hingga spion untuk berbagai merek dan model mobil.

“Sentra otomotif seperti ini lebih dipercaya konsumen, karena  barang yang kita sediakan umumnya di sini kebanyakan variasi dan aksesoris. Jadi pintar-pintar aja kita kita jaga kepercayaan mereka dengan pelayanan yang baik dan barang yang bagus,” ujar Ko Deddy.

Kedua workshop di area BSD Autoparts ini menjadi menjadi cerminan bahwa geliat penjualan produk-produk pendukung otomotif memiliki potensi besar dan akan terus tumbuh di tengah hadirnya beragam produk mobil yang terus membanjiri pasar Tanah Air.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Geliat Pasar Aksesoris Mobil di Sentra Otomotif BSD Autoparts