alexametrics

Modifikasi Yamaha R15 Ala Anak Kalimantan

Bumblebee Berwajah Gahar
1 Maret 2019, 18:09:14 WIB

JawaPos.com – Yamaha R15 V3 tampangnya belum cukup gahar bagi penggila motor gede (Moge) sport yang ingin lebih terlihat gempal dan berotot. Crew DMX Graphic Art, asal Kalimantan akhirnya menyulap R15 berkelir kuning tersebut.

DMX Graphic Art mengakomodir keinginan sang pemilik yang ingin R15-nya tampil lebih garang. Sehingga menjadi perhatian saat ditunggangi. Selain itu eksklusifitas menjadi fokus utama. Untuk memenuhi keinginan tersebut, bahasa desain R1 menjadi patokannya.

Pembaruan dilakukan dengan menukar lampu bawaan dengan lampu proyektor. Selain itu juga membubuhkan lampu LED ganda. Untuk menunjang tampilan depannya, windhield custom ditambahkan dengan grafis sporty di bawah deflektor angin yang tampak memperpanjang unit hingga air-scoop.

Rushlane, Jumat (91/3) menyebutkan motor ini mendapatkan penambahan part-part di bagian wajahnya membuat R15 tampak lebih macho dibandingkan tampilan sebelumnya. Penampilan barunya semakin memperkuat kesan sporty yang senada dengan fairing yang menjadi DNA-nya.

Bagian setang tidak mendapat sentuhan modifikasi namun ada penambahan pelindung tuas yang terinspirasi dari model MotoGP. Perangkat tambahan yang ikut mendongkrak tampilannya adalah tambaha kosmetik winglet. Membuatnya tampak semakin agresif. Ada juga sepasang bingkai slider yang telah ditambahkan untuk melindungi bodywork sepeda jika terjadi selip.

Agar motor lebih responsif, exhaustnya atau saluran pembuangan knalpot menggunakan bikinan SC-Project aftermarket. Bagian buntut terlihat lebih bersih dari akseosris. Hanya sepasang lampu khusus untuk sein yang padu dengan lampu ekor.

Tak hanya fokus pada tampilan, jantung pacu motor ini turut diperbarui dengan pemasangan PowerTRONIC ECU. Membuat motor lebih kuat. Menggunakan mesin berpendingin cair 155 cc Yamaha R15 V3. Menghasilkan tenaga 19,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di 8.500 rpm. Engine-nya dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan dan dilengkapi dengan Variable Valves Actuation (VVA).

Yamaha R15 V3 juga mendapatkan ban yang lebih lebar. Membuatnya terlihat lebih bongsor dan memberikan kesan kuat sebagai motor sport besar. Dibekali dengan suspensi USD up-side down, dikombinasikan dengan suspensi belakang monoshock.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo

Modifikasi Yamaha R15 Ala Anak Kalimantan