alexametrics

AS-Tiongkok Memanas Lagi, Smartphone Baru Huawei Tak Bisa Pakai Google

31 Agustus 2019, 12:01:03 WIB

JawaPos.com – Hubungan dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok memanas lagi. Hal ini membawa dampak buruk bagi sektor usaha keduanya. Google sendiri sebelumnya sempat berdamai dengan Huawei. Namun, kini Huawei kembali terjegal oleh efek perang dagang kedua negara tersebut.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari TheVerge, Sabtu (31/8), Huawei mungkin menghadapi hambatan besar untuk ponsel andalan berikutnya, Mate 30. Huawei Mate 30 dikatakan tidak dapat meluncur dengan aplikasi dan layanan Google. Pasalnya, laporan dari Reuters menyebut, Gedung Putih melarang perusahaan AS (seperti Google) melakukan bisnis dengan perusahaan telekomunikasi Tiongkok.

Hal itu berarti bahwa Mate 30 dan mungkin perangkat mendatang lainnya seperti Mate X akan menghadapi kesulitan ke depannya. Saat ini Huawei memang masih menjalankan Android, yang merupakan perangkat lunak open-source intinya yang tersedia secara gratis.

Namun Google telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa Mate 30 dan Mate 30 Pro yang dikabarkan akan melenggang 18 September tidak akan dapat dikirimkan bersama aplikasi dan layanan Google. Hal ini mungkin bisa menempatkan Huawei pada kerugian besar, mengingat betapa pentingnya aplikasi Google seperti Play Store dan lainnya.

Huawei sendiri diketahui telah mengerjakan alternatif Play Store mereka sendiri sejak 2018 sebagai kontingensi untuk situasi yang persis seperti ini. Namun, larangan AS tersebut tentu masih akan memiliki perjuangan berat ke depan. Sebab, perusahaan seperti Twitter, Facebook, Pinterest, atau lainnya yang berbasis di AS tidak akan dapat menawarkan aplikasi mereka ke Huawei, bahkan jika mereka menginginkannya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads