alexametrics

Oppo Kenalkan Teknologi Layar Terbarunya, Melengkung hingga Tepi

31 Juli 2019, 13:16:46 WIB

JawaPos.com – Perkembangan teknologi layar smartphone kian ‘menggila’. Kini yang ramai bermunculan tidak hanya layar penuh hampir tanpa bingkai, tetapi juga melengkung sampai ke tepi bagian belakang. Salah satunya Oppo yang telah mengantongi paten layar melengkung hingga ke tepi. Teknologi layar tersebut dinamakan Waterfall Screen.

Waterfall Screen merupakan pengembangan dari tampilan layar sebelumnya, Panoramic Arc Screen yang digunakan perangkat Find X. Pengalaman dari layar Find X inilah yang dikembangkan Oppo sebagai dasar pengaplikasian teknologi Waterfall Screen.

Jika Find X menghasilkan angka screen-to-body ratio sebesar 93,8 persen, nantinya perangkat yang mengadopsi Waterfall Screen akan menghasilkan screen-to-body ratio sebesar 96,3 persen. Rasio layar ini sendiri jika dihitung sampai tepian lengkungan akan menghasilkan perbandingan 22,9:9.

Teknologi yang baru dikenalkan Oppo bernama Waterfall Screen, layar yang melengkung hingga ke tepi. (Istimewa/Oppo)

Seperti bisa dilihat pada gambar, tampak desain layar melengkung hingga ke tepian. Hal tersebut dari segi pengalaman pengguna tentu akan bertambah dengan area layar yang semakin luas.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, yang pernah pamer teknologi demikian untuk sektor layar tak hanya Oppo. Beberapa vendor lainnya termasuk Samsung juga memiliki gagasan yang sama untuk urusan layar yang impresif bagi pengguna.

Samsung dengan teknologi layar melengkung seperti Oppo juga pernah pamer paten. Adapun yang dipamerkan Samsung dalam patennya hadir bernama Galaxy X. Konsepnya mirip-mirip.

Teknologi layar demikian kendati memberikan pengalaman yang lebih memukau dengan viewing angle yang luas, banyak juga yang meragukan. Pasalnya, banyak yang sanksi atas layar pada bagian tepinya ketika dalam genggaman.

Hal tersebut terkait dengan apakah genggaman juga akan diartikan sebagai sentuhan dan perintah dalam layar smartphone atau bukan. Keraguan lain juga mengacu pada peletakkan kamera selfie dan teknologi speaker untuk panggilan telepon. Namun saat ini, dua hal tersebut telah berhasil diatasi dengan penanaman beberapa sensor di balik layar.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads