alexametrics

Indonesia Jadi Negara Paling Banyak Dikunjungi secara Virtual

30 Mei 2022, 22:11:09 WIB

JawaPos.com – Selain platform Maps, Google juga memiliki Street View. Layanan yang masih merupakan integrasi dan bagian dari Google Maps itu memungkinkan seseorang untuk menelusuri langsung lokasi yang mereka tuju dengan Point of View (PoV) orang pertama.

Tak hanya alamat rumah, perkantoran atau tujuan spesifik tertentu, Street View dari Google juga banyak digunakan untuk “mengunjungi” obyek wisata secara virtual. Lewat layanan ini, pengguna bisa melihat pemandangan alam atau obyek wisata hanya dari smartphone atau PC mereka.

Tanpa terasa, di Tanah Air, Google Street View juga telah hadir selama 15 tahun lamanya. Street View telah berhasil merekam destinasi favorit di Indonesia yang kerap dikunjungi oleh penggunanya.

Dalam siaran persnya, tercatat satu tahun terakhir Indonesia adalah negara yang paling banyak dikunjungi di Google Street View. Orang-orang di seluruh dunia mengunjungi Street View Indonesia, terutama Jakarta, lebih dari sebelumnya.

Salah satu Street View yang paling berkesan di Indonesia adalah pemetaan gambar 360 derajat dari lokasi-lokasi bersejarah, seperti candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Situs Manusia Purba Sangiran, dan beberapa museum di Tanah Air pada 2016. Setelah itu dilanjutkan oleh danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba pada tahun 2018.

Mundur sedikit ke belakang, Google Street View dibuat berawal dari ide yang dibuat-buat dari salah satu pendiri Google, Larry Page. Saat itu, dirinya berambisi untuk membangun peta 360 derajat dari seluruh dunia.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: