alexametrics

Simak Cara Mendaftar Aplikasi MyPertamina untuk Beli BBM Bersubsidi

29 Juni 2022, 14:57:34 WIB

JawaPos.com – Guna memastikan bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bisa tepat sasaran dan diterima sesuai kategori penerimanya, pemerintah akan menerapkan aturan pembelian Pertalite dan Solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina. Sebelumnya, masyarakat perlu mendaftar di website Subsidi Tepat MyPertamina. Siapkan identitas diri berupa KTP, data dan foto kendaraan yang nantinya akan secara rutin diisi BBM bersubsidi.

Pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina di website resminya baru akan dibuka pada Jumat (1/7) mendatang. Kalau sudah, proses pembelian BBM bersubsidi berjalan bisa menggunakan aplikasi MyPertamina untuk sarana pembayaran.

Selayaknya menggunakan aplikasi smartphone lainnya, kita perlu mendaftar dulu untuk bisa menggunakan aplikasi MyPertamina. Pantauan JawaPos.com, aplikasi ini telah tersedia baik untuk pengguna Android atau iOS di masing-masing toko aplikasi.

Setelah mengunduh aplikasi MyPertamina lewat Google PlayStore atau AppStore, masukkan data lengkap kamu, termasuk nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur PIN kamu. Lakukan aktivasi MyPertamina dengan memasukkan kode OTP atau One Time Password yang dikirimkan melalui SMS.

Kalau sudah, login akun ulang dengan memasukkan nomor telepon dan PIN yang telah dibuat sebelumnya. Saat berhasil log in, kita akan melihat halaman utama aplikasi MyPertamina.

Pada halaman utama aplikasi MyPertamina, kita akan bisa melihat berbagai menu yang disediakan. Adapun berbagai menu di My Pertamina antara lain, Delivery Service, Charging Station, Merchandise, Kios Matic, hingga Asuransi.

Di sana juga, kita akan mengetahui berapa poin dari total pembelian liter BBM yang nantinya sudah kita beli. Namun sebelum melihat-lihat menu lainnya, baiknya kamu melengkapi dulu data diri di akunmu dengan mengisi nomor KTP, email, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin dan tempat tinggal.

Kalau sudah, lengkapi juga informasi mengenai kendaraan yang nantinya akan banyak dipakai menggunakan aplikasi ini. Cara melengkapi data kendaraan juga mudah, tinggal masukkan nomor plat kendaraan dan pilih jenis kendaraan. Untuk menu ini bisa diisi banyak sekaligus mengingat kita mungkin punya beberapa kendaraan lainnya di rumah.

Bila login dan informasi akun serta kendaraan sudah kamu lengkapi, langkah selanjutnya pengguna bisa langsung menghubungkan sarana pembayaran lewat menu metode pembayaran pada ikon ‘Akun’.

Pengguna bisa memilih metode pembayaran, mulai dari menyambungkan aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit dari bank Mandiri, BRI, dan BNI. Nantinya pilihan metode pembayaran ini bisa digunakan saat membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar di SPBU Pertamina.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: