alexametrics

Saingi Google Stadia, Apple Arcade Hadir untuk Gamer Eksklusif

29 Maret 2019, 18:40:07 WIB

JawaPos.com – Beberapa waktu lalu gelaran Game Developer Conference (GDC), Google mengenalkan layanan cloud gaming mereka bernama Stadia. Tak mau kalah, kini kompetitor mereka, Apple, juga melakukan hal yang sama dengan merilis Apple Arcade. Bedanya, Apple Arcade belum mendukung layanan streaming dan pemain game mesti mengunduh dulu game yang ingin dimainkan.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman resmi Apple, Jumat (29/3), Apple Arcade merupakan layanan berlangganan game yang menampilkan lebih dari 100 game baru dan eksklusif. Termasuk rilis asli dari pencipta terkenal Hironobu Sakaguchi, Ken Wong, Will Wright, dan banyak lagi. Game di Apple Arcade diklaim akan mendefinisikan ulang game dan dikuratori berdasarkan orisinalitas, kualitas, kreativitas, kesenangan, dan daya tarik mereka untuk pemain dari segala usia.

Apple Arcade akan memberi pelanggan kebebasan untuk mencoba game apa pun dari koleksi judul yang dipilih sendiri yang dapat dimainkan. Tidak memiliki iklan, pelacakan iklan atau pembelian tambahan, dan menghormati privasi pengguna. Perilisan Apple Arcade dikatakan pihak Apple lantaran mereka melihat banyaknya Apple user yang mengunduh game di App Store dengan klaim lebih dari satu miliar pengguna.

Apple Arcade, Apple Game, Apple Gamer Eksklusif
Game di Apple Arcade yang akan tersedia akhir tahun ini. (Istimewa/Apple)

Apple Arcade dapat diunduh di Apple Store. Apple Arcade tampil sebagai dukungan sekaligus layanan ekosistem game yang eksklusif untuk produk-produk Apple. Dengan demikian, semua game di Apple Arcade akan bisa diunduh dan dimainkan pada seluruh produk Apple mobile, desktop, ataupun lewat televisi di ruang keluarga yang baru-baru ini juga mereka kenalkan.

Dalam upayanya menghadirkan Apple Arcade, perusahaan rintisan Steve Jobs itu bekerja sama dengan sejumlah pengembang untuk memproduksi judul game sendiri. Beberapa rekanan Apple dalam layanan Arcade mencakup Annapurna Interactive, Bossa Studios, Cartoon Network, Finji, Giant Squid, Klei Entertainment, Konami, LEGO, SEGA, dan masih banyak lagi.

Layanan Arcade diklaim akan memberikan akses secara penuh, termasuk fitur, konten, pembaruan, dan dapat dimainkan secara offline oleh gamers. Namun seperti sudah disinggung di atas, Apple Arcade hanya dapat digunakan oleh pengguna Apple saja dan tidak tersedia di perangkat lain atau dalam layanan jenis lainnya.

Tidak gratis, game di Apple Arcade bisa diakses lewat langganan berbayar. Namun pengguna hanya cukup sekali membayar untuk dapat memainkan seluruh game di Apple Arcade. Ini berbeda dengan layanan lain seperti App Store atau Google Play Store yang memasang harga untuk satu buah game saja.

Apple Arcade memberikan kebebasan untuk mengunduh semua game dengan sekali membayar langganan. Layanan ini akan tersedia di 150 negara jelang akhir tahun atau September mendatang. Untuk biaya langganannya, sayangnya Apple belum mengumumkan berapa biaya yang mesti dikeluarkan pengguna untuk dapat menikmati layanan Apple Arcade.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads
Saingi Google Stadia, Apple Arcade Hadir untuk Gamer Eksklusif