alexametrics

AMD Bakal Beberkan Detail Chip Zen 4 Terbaru di Panggung CES 2022

27 Desember 2021, 16:02:57 WIB

JawaPos.com – AMD bakal meluncurkan CPU Zen 4 generasi berikutnya di Consumer Electronics Show (CES) 2022 mendatang. CTO AMD Mark Papermaster mengatakan bahwa beberapa detail akan disebutkan di CES, tetapi detail lebih lanjut akan tetap menunggu sampai waktu peluncurannya tiba.

Ini berarti bahwa AMD tidak akan meluncurkan CPU Zen 4 generasi berikutnya di CES 2022. Namun, di ajang elektronik konsumen kelas dunia itu mereka akan mengungkapkan beberapa fitur utama dari chip Zen 4 terbaru.

CPU Zen 4 awalnya diumumkan oleh perusahaan yang bermarkas Santa Clara, California, Amerika Serikat (AS) itu pada Oktober tahun lalu di acara Ryzen 5000.
Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Mark Papermaster mengatakan, pihaknya senang dapat mengungkapkan beberapa detail tambahan tentang peluncuran produk baru yang akan memberikan pengalaman fenomenal kepada penggunanya.

“Dan seperti yang telah kami katakan, di akhir tahun seiring perkembangannya, kami akan membagikan detail lebih lanjut tentang Zen 4, dengan beberapa yang disebutkan di CES dan lebih banyak pengumuman tentangnya sepanjang tahun ini,” ujarnya dikutip dari Gizmochina.

Untuk agendanya sendiri, perusahaan telah menjadwalkan presentasi CES pada 4 Januari 2022 pukul 10:00 waktu setempat. Di ajang yang akan digelar di Las Vegas, Lisa Su, CEO AMD, diharapkan untuk berbicara tentang prosesor seri Ryzen 6000, grafis Radeon, dan teknologi Ryzen 3D V-Cache juga.

AMD telah mengonfirmasi bahwa chip Zen 4 generasi berikutnya akan diproduksi menggunakan proses fabrikasi 5 nm. Perusahaan kemungkinan besar mengandalkan mitra yang ada TSMC untuk pembuatan chip.

Jika laporan tersebut dapat dipercaya, maka chip akan datang dengan peningkatan kinerja sekitar 40 persen. Diharapkan untuk mendukung soket AM5 yang menggunakan desain Land Grid Array (LGA), mematahkan sejarah panjang soket Pin Grid Array (PGA) AMD. Setelah membagikan beberapa detail penting di CES 2022 dalam beberapa minggu, AMD diperkirakan akan meluncurkan chip baru setelah Juli.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: