alexametrics

Jelang ASO, Cek di Sini Daerah yang Dapat Bantuan STB Gratis

26 Februari 2022, 10:03:50 WIB

JawaPos.comTV analog tampaknya semakin dekat dimatikan. Hal ini setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan kalah dalam dua bulan ke depan atau tepatnya pada 30 April 2022, pihaknya bakal mulai melaksanakan penghentian siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama.

Bagi masyarakat yang secara finansial kesulitan untuk membeli perangkat Set Top Box (STB), Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ismail, pemerintah telah menyediakan bantuan Set Top Box bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).

“Di seluruh daerah yang telah dijadwalkan ASO tahap pertama, saat ini sudah terdapat siaran digital dan infrastruktur multipleksing yang dibutuhkan bagi setiap Lembaga Penyiaran untuk melakukan peralihan dari analog ke digital telah siap untuk mendukung ASO pada 30 April 2022 mendatang,” jelas Ismail dalam konferensi pers penyediaan bantuan Set Top Box bagi rumah tangga miskin dalam rangka persiapan ASO tahap pertama, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (25/2).

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran, Pemerintah membantu penyediaan set top box bagi rumah tangga miskin agar dapat menerima siaran televisi digital pada saat dilakukannya ASO. Dalam ketentuan tersebut, penyediaan set top box bersumber dari komitmen penyelenggara multipleksing.

Untuk mengecek wilayah mana saja yang terdaftar sebagai penerima bantuan STB gratis beserta pihak dari penyelenggara multipleksing dipublikasikan melalui laman https://komin.fo/stbASO1. Anda bisa mengecek di laman tersebut apakah wilayah Anda masuk dalam daftar penerima bantuan STB gratis atau tidak.

“Masyarakat dapat melihat dalam tautan itu untuk mengetahui daerah yang terdampak ASO serta jumlah set top box yang akan diterima di masing-masing desa. Dan diketahui juga penyelenggara yang bertanggung jawab untuk penyediaan set top box di desa tersebut,” lanjut Ismail.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: