alexametrics

Generasi Baru, Micron dan MediaTek Gunakan Teknologi Memori LPDDR5X

25 November 2021, 06:36:55 WIB

JawaPos.com – Di pasaran atau mungkin di perangkat smartphone tak disadari ada banyak teknologi rumit dengan banyak tingkatan di dalamnya. Salah satu yang terus berkembang hingga kini adalah aspek penyimpanan atau memori, dalam hal ini RAM.

RAM pada smartphone di pasaran saat ini paling tinggi tingkatannya dipegang oleh model LPDDR4X dan LPDDR5. Terbaru, Micron dan MediaTek mengonfirmasi teknologi RAM generasi selanjutnya yang lebih baru yakni LPDDR5X.

Baik Micron dan MediaTek yang sama-sama bergelut di industri chip komputer, telah memvalidasi DRAM low-power double data rate 5X (LPDDR5X) Micron untuk chipset unggulan Dimensity 9000 5G baru dari MediaTek untuk ponsel pintar.

Bagi yang masih awam, Micron adalah perusahaan semikonduktor pertama yang mengambil sampel dan memvalidasi memori seluler tercepat dan tercanggih di industri ini. Dan, telah mengirimkan batch pertama sampel LPDDR5X yang dibangun pada first-to-market 1α (1-alpha) node.

Dirancang untuk ponsel pintar kelas atas dan unggulan, Micron LPDDR5X diklaim memungkinkan ekosistem ponsel pintar untuk membuka gelombang berikutnya dari aplikasi intensif data yang didukung teknologi Artificial Intelligence (AI) dan inovasi 5G.

Pengiriman pasar dan validasi Micron LPDDR5X berbasis teknologi 1α terkemuka di industri, diklaim memperkuat posisi Micron dalam hal inovasi produk dan kepemimpinannya di dunia seluler. Ini setelah peluncuran pertama di industri untuk LPDDR5, 1α-based LPDDR4X, 176-layer NAND-based UFS 3.1 dan solusi uMCP5.

Pencapaian terbaru ini dengan cepat menyusul peluncuran JEDEC dari ekstensi LPDDR5X ke LPDDR5 pada bulan Juli lalu yang diciptakan untuk menawarkan bandwidth dan kecepatan memori yang lebih tinggi untuk meningkatkan komunikasi dan performa 5G sambil tetap menghemat daya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads