alexametrics

Operator Seluler Kompak Ingatkan Masyarakat untuk Berada di Rumah Saja

25 Maret 2020, 15:09:36 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembatasan diri dengan lingkungan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Korona baru atau COVID-19. Berdasar itu, pemerintah meminta masyarakat untuk melaksanakan aktivitas mulai dari belajar, bekerja, dan beribadah di rumah saja. Berkenaan dengan hal tersebut, beberapa hari ini pengguna layanan seluler akan menemukan hal yang unik di layar ponselnya.

Operator seluler (opsel) membuat network name dengan nama yang unik untuk mendukung pemerintah dalam upaya membatasi pergerakan masyarakat di tengah situasi darurat COVID-19.

Bagi pelanggan Smartfren, ada yang baru dalam tampilan di layar smartphone. Smartfren kini telah menambahkan dua kata menjadi Smartfren – Stay Safe (Tetap Aman). Bukan tanpa alasan Smartfren menambahkan kata Stay Safe tersebut mengingat kondisi bangsa Indonesia yang saat ini tengah berjuang keras untuk menekan wabah pandemi virus COVID-19. Smartfren – Stay Safe merupakan imbauan khusus dari Smartfren untuk berhati-hati dan tetap waspada agar terhindar dari paparan virus COVID-19 dengan melakukan physical distancing (menjaga jarak) dengan orang lain.

“Kami merasa, perang melawan COVID-19 ini adalah tugas bersama yang harus dipikul semuanya. Tujuan menambahkan pesan yang sifatnya mengajak melalui identitas operator untuk mengingatkan kepada pelanggan kami untuk berperan aktif dan tetap menjaga diri dari penyebaran wabah COVID-19,” jelas Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys melalui pesan singkatnya kepada JawaPos.com.

Merza menambahkan, sudah menjadi kewajiban operator untuk mengingatkan pelanggannya agar tetap waspada dan patuh terhadap anjuran yang diberikan pemerintah. Identitas Opera Smartfren- Stay Safe ini akan terus hadir hingga waktu yang ditentukan kemudian.

Sejumlah operator seluler dari Smartfren, Telkomsel, XL Axiata dan Indosat menampilkan network name unik untuk mendukung gerakan pemerintah menerapkan physical distancing oleh masyarakat. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Selanjutnya, operator lainnya yakni Telkomsel juga melakukan hal serupa. Soal identitas operator yang tercantum pada network name di area layar ponsel, Telkomsel menambahkan kata ‘Di Rumah Saja’.

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel menyatakan, Telkomsel ingin mendorong sosialisasi pencegahan penularan virus COVID-19 di Indonesia dengan mengingatkan konsumennya lewat network name.

“Salah satunya dengan membantu sosialisasi imbauan pemerintah untuk masyarakat dapat beraktifitas (belajar, bekerja dan beribadah) Di Rumah Saja dengan memanfaatkan fitur network name yang tersedia di seluruh perangkat smartphone atau gawai mereka,” ujar Denny Abidin yang karib disapa Abe itu.

Untuk Telkomsel, network name untuk sosialisasi imbauan ‘Di Rumah Saja’ sudah dimulai sejak Kamis (24/3) lalu hingga nanti kondisi penanganan pandemi COVID-19 sudah dinyatakan membaik oleh pemerintah.

Sejumlah operator seluler dari Smartfren, Telkomsel, XL Axiata dan Indosat menampilkan network name unik untuk mendukung gerakan pemerintah menerapkan physical distancing oleh masyarakat. (RianAlfianto/JawaPos.com)

Senada, XL Axiata mengaku berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah melakukan edukasi atau iimbauan kepada masyarakat untuk menjaga jarak sosial termasuk menghindari aktivitas di luar rumah guna menghindari potensi penyebaran virus COVID-19.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih menyatakan, upaya ini dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Oh iya, XL Axiata menggunakan network name ‘Di Rumah Lebih Baik’.

“Upaya ini kami wujudkan dengan melakukan menyampaikan pesan #DiRumahLebihBaik kepada pelanggan dan masyarakat, termasuk melalui dengan mengubah tampilan nama jaringan di layar ponsel sebagai salah satu sarana edukasi kepada pelanggan dan masyarakat secara umum,” tandas Tri Wahyuningsih.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads