alexametrics

Microsoft Indonesia Gandeng Esri Sajikan GeoAI di Platform Azure

25 Maret 2019, 12:50:32 WIB

JawaPos.com – Microsoft Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan Esri Indonesia. Keduanya menghadirkan teknologi analisis geospasial terbaru untuk perusahaan, GeoAI, yang dijalankan pada platform Microsoft Azure.

Esri Indonesia sendiri merupakan penyedia perangkat lunak Sistem Informasi Geografis (SIG) web dan aplikasi manajemen basis data. Melalui kerja samanya dengan Microsoft Indonesia, keduanya menawarkan teknologi geospasial yang menggabungkan kecerdasan buatan (AI), machine learning, dan SIG untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan akurat berbasis data.

Microsoft sebelumnya mengaku secara global telah lama bermitra dengan Esri selama lebih dari 15 tahun. Mereka bermitra untuk menyediakan berbagai aplikasi di berbagai segmen. Termasuk komersial, pemerintahan, dan akademik.

Kolaborasi yang ditawarkan dalam teknologi baru ini diklaim mencerminkan kemitraan yang lebih kuat antara kedua perusahaan dalam melayani pelanggan di Indonesia. Terlebih yang membutuhkan teknologi geospasial dengan wawasan dan kecerdasan yang lebih dalam untuk mempercepat pengambilan keputusan.

Saat ini, kerja sama keduanya terdiri atas ArcGIS Enterprise di Microsoft Azure yang diklaim memungkinkan pelanggan untuk menyebarkan situs Server ArcGIS, ArcGIS Enterprise, dan klien ArcGIS Desktop pada mesin virtual Microsoft Azure baik di cloud maupun on-premise. Kolaborasi tersebut untuk menghadirkan kekuatan teknologi geospasial dan AI dalam Microsoft Data Science Virtual Machine (DSVM) pada platform cloud Azure.

GeoAI sendiri mengikat kemampuan analitik ArcGIS Pro, GIS desktop generasi terbaru Esri, dengan platform AI Microsoft dan ArcGIS Enterprise on Azure untuk menyediakan kemampuan GeoAI berbasis SaaSGIS, AI, dan Data Science Virtual Machine. Dukungan untuk penyebaran ArcGIS di Azure Stack juga disebut menghadirkan inovasi komputasi awan yang gesit dan cepat ke data lokal di on-premise, untuk memenuhi kepatuhan dan tata kelola khusus.

Chief of Partner Officer and Director of Small Medium Corporate Segments Microsoft Indonesia Mulia Dewi Karnadi mengatakan, rangkaian produk ArcGIS terintegrasi secara mendalam ke dalam banyak aplikasi dan layanan Microsoft yang digunakan pada platform cloud Azure. “Kemampuan AI dan machine learning memanfaatkan infrastruktur cloud yang dapat dihitung sambil mempertahankan kontrol penuh atas aset geospasial dan memperoleh kekuatan pemrosesan terdistribusi untuk pemrosesan data besar,” katanya dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Microsoft Indonesia mengakui solusi Esri Indonesia sebagai standar untuk teknologi geospasial di Indonesia. Microsoft melalui solusi cloud Azure memungkinkan pelanggan dengan jaminan bahwa akan memenuhi standar privasi, kepatuhan, skalabilitas, manajemen, dan kesederhanaan Azure kelas dunia.

Risiko paparan data serendah mungkin juga diklaim bisa dipenuhi Azure dengan mematuhi kebijakan residensi data lokal, latensi yang lebih rendah, hingga akses kinerja yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah. Termasuk pelacakan lokasi aset, manajemen armada, dan kemacetan lalu lintas.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Esri Indonesia A Istamar menjelaskan, kombinasi AI, machine learning, dan SIG dapat membantu organisasi menangkap, menyimpan, dan mengelola sebagian besar data, menjalankan analisis yang kuat, kemudian memvisualisasikan gambaran yang tertanam dalam data itu.

“Kolaborasi dengan Microsoft Indonesia dengan menggunakan Azure terus mempercepat produktivitas pelanggan kami. Penyebaran cloud Azure
dan GeoAI memungkinkan pengguna kami untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan masalah lainnya,” katanya demikian.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Microsoft Indonesia Gandeng Esri Sajikan GeoAI di Platform Azure