alexametrics

Bersamaan dengan Ryzen 7000 Baru, AMD Beberkan Spek Socket AM5

24 Mei 2022, 17:02:21 WIB

JawaPos.com – AMD sebagai rival berat Intel untuk kategori hardware dan prosesor komputer resmi mengumumkan beberapa terobosan terbarunya di ajang Computex 2022. Selain memberikan kisi-kisi terkait chip AMD Ryzen 7000 Series anyar, AMD tak lupa memberikan pratinjau mengenai Socket AM5 terbarunya.

Melalui paparannya di panggung Computex 2022, Chair dan CEO AMD Lisa Su menjelaskan, platform AMD Socket AM5 yang baru memberikan konektivitas canggih untuk kebutuhan para enthusiast kami.

“Soket baru ini memiliki desain LGA 1718-pin dengan dukungan untuk prosesor hingga TDP 170W, memori DDR5 dual-channel, dan infrastruktur daya SVI3 baru untuk memimpin kinerja seluruh core dengan prosesor Ryzen 7000 Series kami,” terangnya.

AMD Socket AM5 menghadirkan jalur PCIe 5.0 paling banyak di industri hingga 24 jalur, menjadikan platform desktop kami yang terkencang, terbesar, dan terluas dengan dukungan lebih dari sekedar untuk penyimpanan dan kartu grafis generasi berikutnya.

Adapun jajaran AM5 memiliki tiga tingkatan motherboard. Pertama, ada X670 Extreme yang disebut menghadirkan konektivitas terbaik dan kemampuan overclocking ekstrem dengan dukungan PCIe 5.0 untuk dua slot pengolah grafis dan satu slot penyimpanan.

Kemudian ada X670 yang dikatakan mendukung enthusiast overclocking dengan dukungan PCIe 5.0 pada satu slot penyimpanan dengan dukungan pengolah grafis opsional. Terakhir ada B650 yang katanya telay dirancang untuk pengguna kinerja dengan dukungan penyimpanan PCIe 5.0.

Model motherboard yang mencakup ketiga chipset diharapkan dari mitra termasuk Asrock, Asus, Biostar, Gigabyte, dan MSI, dan solusi penyimpanan PCIe 5.0 akan tersedia dari banyak mitra termasuk Crucial, Micron, dan Phison.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: