alexametrics

Jaringan 3G Bakal Dimatikan, Segera Upgrade ke Layanan 4G

24 Januari 2022, 17:01:14 WIB

JawaPos.com – Masa keemasan jaringan 3G tampaknya segera berlalu. Sempat sangat populer dan banyak digunakan beberapa waktu lalu, teknologi jaringan seluler generasi ketiga itu mau tidak mau mesti takluk dengan inovasi dan kecanggihan yang lebih baru yakni jaringan seluler generasi berikutnya.

Soal 3G yang segera menemui ajalnya sebelumnya sudah digaungkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), kini menyusul setelahnya, operator seluler (opsel) yang masih punya 5G juga pelan-pelan mulai bersiap mematikan 3G dan menggesernya ke jaringan yang lebih baru yakni 4G dan 5G.

Telkomsel misalnya. Baru-baru ini, opsel pelat merah itu mengumumkan akan melakukan upgrade seluruh layanan 3G ke 4G secara bertahap di tahun 2022.
Langkah Telkomsel tersebut seiring dengan arahan pemerintah melalui Kemenkominfo yang saat ini tengah mengkaji penghapusan layanan 3G dan memeratakan akses internet 4G.

“Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam di Jakarta, Jumat (21/1).

Buat pelanggannya yang masih menggunakan 3G, Telkomsel meminta mereka untuk segera melakukan upgrade. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelanggan untuk percepatan migrasi layanan.

Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik secara online maupun offline yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads