alexametrics

Mulai Agustus, Zoom Tidak Lagi Bisa Dipakai di Platform Ini

23 Juni 2022, 21:15:24 WIB

JawaPos.com – Di masa pandemi Covid-19 yang melanda hampir tiga tahun ini, nama Zoom tiba-tiba meroket sebagai aplikasi pertemuan virtual. Popularitas Zoom bahkan mengalahkan Skype sebagai top of mind aplikasi serupa yang telah lebih dulu hadir.

Zoom menggila, pesaing lainnya kemudian muncul misalnya Teams dari Microsoft atau Meet dari Google dan banyak lagi aplikasi sejenis lainnya. Untuk Zoom, buat pengguna Chromebook mesti bersiap-siap.

Pasalnya, aplikasi Zoom dipastikan mati untuk pengguna laptop Chromebook pada Agustus 2022 nanti. Namun, Zoom juga sudah menyiapkan pengganti aplikasi video-conference itu.

“Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome WPA baru untuk join meeting di ChromeOS,” kata Zoom, dikutip dari Republic World.

Sementara via 9to5Google, sebagai informasi, Aplikasi Zoom telah tersedia selama beberapa tahun dan menyediakan akses sederhana ke rapat Zoom tanpa fungsi tambahan apa pun. Padahal, di OS lain Zoom telah mendatangkan beberapa pembaruan fitur yang berguna bagi pengguna.

Hal ini yang menyebabkan Zoom di Chromebook ditutup karena aplikasi ini dibangun oleh teknologi Chrome yang masih tradisional. Hal tersebut kemudian membuat Zoom kesulitan menghadirkan fitur-fitur terkini lainnya di perangkat Chromebook.

Namun jangan sedih, seperti sudah disinggung di atas, Zoom telah menyiapkan gantinya. Zoom akan memulai debutnya sebagai aplikasi Web Progresif App atau WPA yang sudah ada sejak tahun 2021. WPA adalah aplikasi yang dibangun dengan melakukan optimasi pada sebuah website.

Optimasi yang dilakukan tidak hanya akan membuat website menjadi lebih cepat namun juga mampu memberikan pengalaman layaknya menggunakan aplikasi. Dengan teknologi tersebut Zoom WPA tetap bisa diakses melalui web browser oleh pengguna Chromebook.

Zoom WPA sendiri diklaim telah mengalami berbagai pembaruan supaya bisa menggantikan peran aplikasi. Semoga Zoom WPA dapat membantu pengguna Chromebook supaya mereka bisa melakukan video conference dengan pengalaman sama baiknya dengan versi biasa.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: