alexametrics

Unduhan Aplikasi dan Games Meningkat 10 Persen

22 Desember 2018, 16:09:53 WIB

JawaPos.com – Tingginya penetrasi penggunaan smartphone oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia sejalan dengan angka unduhan aplikasi didalamnya. Termasuk juga games . Angka unduhan aplikasi dan games di perangkat mobile bahkan dikatakan meningkat sebanyak 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Gizchina, Sabtu (22/12),  perusahaan data dan analitik seluler App Annie mengatakan, unduhan aplikasi dan games global serta pengeluaran konsumen telah mencapai rekor baru pada tahun 2018.

Berdasarkan data awal hingga 15 Desember, App Annie memperkirakan bahwa unduhan global di iOS dan Google Play akan melebihi 113 miliar hingga akhir 2018 mendatang. Data tersebut meningkat 10 persen dibandingkan tahun 2017 lalu.

Selain meningkatnya angka unduhan aplikasi dan games. Angka belanja konsumen juga diperkirakan tumbuh 20 persen dari tahun sebelumnya dengan melampaui USD 76 miliar secara global. Tren ini didorong oleh pertumbuhan pembelanjaan konsumen pada game seluler dan keuntungan yang terus meningkat dari langganan dalam aplikasi.

Tahun 2018 juga dikatakan adalah tahun transformasi lain untuk perangkat seluler. Dalam dua belas bulan ini jenis permainan baru telah menjadi semakin populer, sehingga menciptakan peluang baru untuk mendapatkan keuntungan dan pertumbuhan bagi para pengembang. Menurut App Annie, game terbaik 2018 oleh pembelanjaan konsumen di seluruh dunia adalah Fandom for : Fate/Grand Order sementara aplikasi yang paling populer adalah Netflix.

Perusahaan ini juga telah merilis Top Charts di kedua toko aplikasi tersebut untuk tahun 2018. Terlihat dalam gambar, beragam aplikasi Messenger menerima unduhan paling banyak dari semua aplikasi, termasuk game, dan Helix Jump menjadi game yang paling banyak diunduh.

Analis App Annie berharap bahwa kita akan melihat tren yang kurang lebih sama di tahun 2019, karena smartphone akan terus mendukung game multiplayer kualitas konsol yang lebih kompleks dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (ryn/JPC)

Unduhan Aplikasi dan Games Meningkat 10 Persen