alexametrics

Teknologi Terus Berkembang, Kemampuan Berinternet pun Ditingkatkan

22 Juni 2022, 16:48:55 WIB

JawaPos.com – Kebutuhan terhadap internet saat ini terus meningkat. Hal itu disertai dengan perkembangan teknologi. Mengimbangi peningkatan tersebut, kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berinteraksi dengan internet pun ditingkatkan.

“Kebutuhan akan internet meningkat setiap tahunnya diiringi dengan perkembangan teknologi. Maka, penting untuk meningkatkan kualitas SDM agar dapat menyesuaikan diri dengan tantangan ke depannya,” ujar Firdhyan Adhi Lesmana, pengurus Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam keterangannya kepada JawaPos.com, Rabu (22/6).

Perkembangan teknologi internet membutuhkan adaptasi. Masyarakat pun harus menyikapinya dengan meningkatkan kemampuannya. Adapatasi itu sangat dibutuhkan oleh anggota Internet Service Provider (ISP) yang tergabung dalam APJII.

Adapun bentuk adaptasi terhadap berinternet tersebut seperti terkait NOC yang meliputi routing, firewall, dan traffic control. Lalu terkait fiber to the home (FTTH).

Sebelumnya APJII bersama TP-Link memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota ISP yang tergabung dalam APJII di beberapa kota.

“SDM yang terlatih dan siap dimaksimalkan pasti mempelajari perkembangan teknologi. Maka, kebutuhan akan internet dapat selalu terpenuhi dan terpelihara dengan baik dan benar, baik dari sisi kecepatan, ketepatan, keamanan, serta perangkat yang digunakan,” imbuh Adhi.

Marketing Manager TP Link Indonesia Biko Yoshia menuturkan, perkembangan teknologi internet begitu pesat. Pihaknya berusaha menghadirkan materi maupun teknologi internet terkini, sehingga anggota ISP mendapat gambaran perkembangan tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads