alexametrics

Bertarung Sengit, AMD Untuk Pertama Kalinya Disebut Kalahkan Intel

22 Februari 2022, 10:54:29 WIB

JawaPos.com – Untuk persaingan hardware komputer, nama besar Intel dan AMD jelas tidak bisa dipisahkan. Kedua raksasa pembuat prosesor yang diketahui sama-sama bermarkas di Amerika Serikat (AS) itu memang saling bersaing sengit.

Namun untuk beberapa tahun terakhir, AMD boleh dibilang mulai menunjukan tajinya dengan merilis jajaran chip komputer yang beragam yang bisa dipilih konsumen. Kini, untuk pertama kalinya dalam sejarah, AMD dilaporkan bisa mengalahkan Intel.

Hal ini setelah kapitalisasi pasar AMD melonjak melewati Intel setelah mengakuisisi Xilinx. Kapitalisasi pasar AMD baru saja melampaui Intel untuk pertama kalinya pada penutupan pasar pada 15 Februari 2022 lalu dengan AMD mencapai kapitalisasi pasar sekitar USD 197,75 miliar dibandingkan dengan Intel yang hanya USD 197,24 miliar.

Lonjakan tiba-tiba dalam kapitalisasi pasar AMD terjadi karena perusahaan mengakuisisi Xilinx. Pembelian yang ditutup awal pekan ini mengubah 248,38 juta saham Xilinx menjadi 428 juta saham AMD. Tom’s Hardware mencatat bahwa proses konversi saham masih berlangsung.

Setelah konversi, sekarang ada 1,628 juta saham AMD. Angka sedikit berbeda antara pihak ketiga, tetapi pada 15 Februari 2022 lalu, AMD lebih besar dari Intel dalam hal kapitalisasi pasar.
Intel masih merupakan perusahaan yang secara signifikan lebih besar dalam hal pendapatan, tetapi AMD telah membuat langkah untuk menutup kesenjangan di beberapa bidang utama.

AMD mencapai pangsa pasar tertinggi yang pernah ada untuk CPU pada Q4 2021, 25,6 persen dari semua prosesor x86. Tentu saja, kebalikan dari angka itu berarti Intel masih mendominasi segmen dengan pangsa pasar di bawah 75 persen x86.

Perusahaan tampaknya akan terus naik dalam hal pendapatan, terutama setelah akuisisi Xilinx senilai USD 50 miliar.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: