alexametrics

Geser Juara Bertahan Vietnam, Penggunaan Domain .id Sudah Ungguli .vn

21 Agustus 2021, 19:49:00 WIB

JawaPos.com – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau Pandi baru saja mengelar acara Pandi Meeting 12. Melalui acara rutin tersebut, pengelola nama domain di Indonesia itu bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan pentingnya tata kelola pelaksanaan domain internet.

Hadir dalam acara tersebut yang disaksikan secara daring pada Sabtu (21/8), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan. Dia mengatakan, tata kelola dan pelaksanaan domain penting untuk dijalankan dengan baik sejalan dengan transformasi pengelolaan domain.

“Perjalanan ini sangat panjang dan penting. Kita perlu terlibat juga di dalamnya,” kata Semuel melalui acara yang disaksikan secara daring.

Pria yang karib disapa Semmy itu menambahkan, domain internet membutuhkan tata kelola yang baik. Pandi sebagai pengelola nama domain di tanah air terus mengupayakan tata kelola yang baik ini.

Dalam kesempatan yang mengangkat tema “Langkah Kemajuan atas Kehadiran dan Ketahanan Digital Bangsa Indonesia” itu, dirinya menyebut semestinya ke depan dipisahkan soal tata kelola dan pelaksanaannya.

Sementara itu Pandi sendiri sebagai pengelola nama domain menyatakan bahwa pengguna nama domain kode negara (.id) per 31 Juli 2021 mencapai 534.876, mengungguli Vietnam dengan nama domain .vn yang selama ini mendominasi wilayah ASEAN.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads