alexametrics

Telepon Makin Jernih, VoLTE XL Axiata Hadir di 224 Kota/Kabupaten

21 Juli 2021, 12:09:34 WIB

JawaPos.com – Kelebihan teknologi VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan teknologi VoLTE, layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.

Teknologi tersebut juga belakangan mulai banyak diimplementasikan dan menjadi fokus banyak operator seluler (opsel) di tanah air dengan yang terbaru ada XL Axiata yang mengumumkan layanan VoLTE-nya yang kini sudah hadir di 224 Kota / Kabupaten.

Selain menggenjot layanan data internet, opsel grup Axiata itu juga fokus terhadap pemerataan VoLTE. Per Juni 2021, XL Axiata mengklaim layanan voice melalui jaringan data berkecepatan tinggi ini sudah bisa dinikmati pelanggan di 224 kota/kabupaten yang tersebar di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, Lombok, dan Kalimantan.

XL Axiata sendiri meluncurkan VoLTE pertama kali pada Agustus 2020 lalu. Sejak saat itu, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan ini dikatakan terus meningkat, demikian juga dengan penetrasi smartphone dengan kemampuan VoLTE pada pengguna layanan 4G.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya masih akan terus memperluas jangkauan layanan VoLTE ini sejalan dengan rencana pengkondisian jaringan untuk VoLTE yang telah dilakukan secara bertahap. Sebab, untuk bisa menggelar VoLTE di suatu area, pihaknya perlu menyiapkan jaringannya terlebih dahulu.

“Sementara itu, dalam penentuan kota/kabupaten yang menjadi target perluasan layanan VoLTE antara lain berdasarkan permintaan layanan voice yang tinggi dengan, jumlah ketersediaan perangkat support VoLTE yang tinggi, dan perluasan dari kota-kota yang sekarang sudah menikmati layanan VoLTE XL Axiata,” demikian jelasnya melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/7).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads