alexametrics

Terjadi 18 Tahun Lalu, 5 Planet ini Bakal Sejajar Lagi pada 24 Juni

21 Juni 2022, 17:22:44 WIB

JawaPos.com – Mengamati fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dan planet dan sistem tata surya kita memang membawa keasyikan tersendiri. Terbaru, akan ada fenomena alam planet sejajar pada 24 Juni lusa.

Fenomena planet sejajar, segaris (align) dengan bulan yang langka, akan dapat terlihat dari bumi pada 24 Juni 2022 pekan ini. Kelima planet yang akan dapat terlihat dalam fenomena alam tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Menariknya lagi, fenomena serupa merupakan fenomena langka. Sebuah ‘parade’ planet ini belum pernah terjadi dan terlihat lagi dalam 18 tahun terakhir.

Para pengamat bintang di belahan bumi utara malahan telah bisa menyaksikan kesempatan untuk melihat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus sekaligus sejak awal Juni lalu.

Namun, Merkurius sangat redup dan dekat dengan cakrawala, yang berarti sulit dilihat dengan mata telanjang. Hal tersebut akan berubah lagi pekan ini, ketika Merkurius akan naik lebih tinggi lagi dan tampak lebih terang dari sebelumnya.

Ini memberikan kesempatan terbaik bagi orang yang bangun pagi untuk melihat parade planet penuh. Bukan hal yang aneh melihat dua atau tiga planet berdekatan, tetapi ini adalah pertama kalinya lima diantaranya dapat dilihat dari Inggris berdasarkan urutan jaraknya dari matahari sejak Desember 2004 lalu.

Lima planet akan bersinar berturut-turut karena mereka semua melakukan perjalanan di bidang tata surya, yang dikenal sebagai ekliptika. Namun, mereka tidak akan sedekat yang terlihat, karena setiap planet berjarak jutaan kilo meter dari yang lain.

Saat bulan Juni telah berjalan, planet Jupiter kemudian akan terpisah lagi dari Mars dan Saturnus akan melanjutkan perjalanannya bergerak lebih jauh di sepanjang porosnya.

Seperti sudah disinggung di atas, salah satu hari terbaik untuk mencoba dan melihat keselarasan adalah Jumat (24 Juni), ketika bulan sabit juga akan terlihat antara Venus dan Mars. Ini akan bertindak sebagai pengganti Bumi dalam tampilan lima planet pertama dari Matahari.

Profesor Beth Biller, Astronom dari Universitas Edinburgh, mengatakan kepada MailOnline, ini adalah kesempatan menarik bagi orang yang bangun pagi untuk melihat kelima planet dengan mata telanjang sekaligus. “Sebagian besar waktu mereka terbelah antara pagi hari dan langit malam,” terangnya.

Di Tanah Air, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia juga mengonfirmasi adanya Parade Langit sepanjang bulan Juni 2022, di mana masyarakat dapat menyaksikan konfigurasi segarisnya beberapa planet di tata surya.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang seperti dikutip dari siaran pers di laman resmi BRIN mengatakan kalau Parade Langit ini sudah bisa disaksikan sejak dini hari tanggal 4 Juni 2022.

Konfigurasi pertama terdiri dari sejajarnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, pada 4 hingga 15 Juni 2022. Selanjutnya, konfigurasi kedua terdapat susunan planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan, pada 16 hingga 27 Juni 2022.

Lalu diakhiri dengan konfigurasi dengan susunan yang sama dengan yang pertama, pada 28 hingga 30 Juni 2022. “Fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah,” terangnya.

Fenomena tersebut bisa disaksikan mulai dari awal fajar astronomis dengan ketinggian matahari -18 derajat atau 75 menit sebelum matahari terbit (sekitar 04.30 waktu setempat), hingga fajar bahari, dimana ketinggian matahari -6 derajat atau 25 menit sebelum matahari terbit (sekitar 05.30 waktu setempat).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads