alexametrics

Jumlah Like di Instagram akan Dihilangkan, Setuju?

21 April 2019, 11:48:00 WIB

JawaPos.com – Instagram sedang menguji perubahan antarmuka di platform-nya. Kabarnya, dengan perubahan tersebut, ada salah satu fitur yang akan hilang yakni angka jumlah Like di posting-an pengguna.

Seperti biasa, hal ini ditemukan peneliti Jane Manchun Wong. Dalam akun Twitter-nya, Wong mengungkap tampilan angka jumlah Like yang hilang dari posting-an foto atau video yang diunggah di Instagram.

Sebagaimana bisa dilihat pada tangkapan layar di bawah, mungkin saja nanti tidak ada seorang pun selain kamu sendiri yang tahu berapa banyak Like yang didapat dari posting-an kamu. Jika itu benar-benar dilakukan, ke depan yang akan dilihat publik adalah postingan kamu disukai oleh orang-orang tanpa menyebutkan berapa banyak orang menyukainya.

Instagram sedang menguji antarmuka baru tanpa jumlah Like ditampilkan. (Twitter/@wongmjane)

Keputusan ini agaknya kontroversial. Sebab, banyak influencer media sosial bergantung pada jumlah Like sebagai tolok ukur seberapa besar konten mereka disukai khalayak. Orang-orang seperti itu juga untuk menunjukkan seberapa populernya mereka, juga untuk menentukan harga iklan yang mereka tetapkan.

Namun, Instagram memang memiliki poin menarik. “Kami ingin pengikut Anda fokus pada apa yang Anda bagikan, bukan berapa banyak suka posting Anda,” jelas pihak Instagram.

Tidak jelas apakah Instagram berencana melakukan perubahan ini secara nyata dalam waktu dekat atau tidak. Jika mereka mengujinya dan mengumpulkan umpan balik pengguna, mungkin hal itu bisa menjadi referensi apakah antarmuka baru tanpa jumlah Like ditampilkan bisa dirilis atau tidak.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads