alexametrics

Spesifikasi Chip Exynos 2200 Terbaru, Hasil Kolaborasi Samsung dan AMD

21 Januari 2022, 20:16:16 WIB

JawaPos.com – Samsung akhirnya resmi mengumumkan System-on-Chip (SoC) terbarunya, Exynos 2200. SoC tersebut diklaim Samsung telah dirancang untuk digunakan di ponsel kelas atas atau flagship.

Yang menariknya lagi, Exynos 2200 yang baru diumumkan sekaligus menjadi SoC pertama dari Samsung yang dibuat berdasarkan kolaborasi dengan AMD. Chip untuk perangkat mobile ini dibuat menggunakan pengolah grafis (GPU) besutan AMD dengan arsitektur RDNA 2.

Soal spesifikasinya lebih rinci, Exynos 2200 adalah salah satu yang pertama di pasar yang mengintegrasikan core CPU Armv9 terbaru dari teknologi Arm yang disebut menawarkan peningkatan substansial dibandingkan Armv8 dalam hal keamanan dan kinerja, dua area yang menjadi sangat penting dalam perangkat komunikasi seluler saat ini.

Exynos 2200 sendiri adalah CPU octa-core yang punya struktur tri-cluster yang terdiri dari satu flagship-core Arm Cortex-X2 yang kuat, tiga core besar Cortex-A710 yang seimbang dalam kinerja dan efisiensi, dan empat core kecil Cortex-A510 yang hemat daya.

’’Pengalaman digital masa depan membutuhkan kinerja, keamanan, dan efisiensi pada tingkatan baru,” kata Rene Haas, President of IP Products Group (IPG), Arm melalui keterangan resminya.

Sebagai salah satu prosesor pertama yang menggunakan core CPU Armv9 baru, Samsung Exynos 2200 juga memanfaatkan strategi Total Compute dan fitur keamanan utama Arm, seperti Memory Tagging Extension (MTE), untuk menghadirkan komputasi yang dibuat khusus dan pemrosesan khusus yang diperlukan untuk memperkuat pengalaman seluler di masa depan.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads