alexametrics

Sony PlayStation 5 Bakal Gunakan Kartrid SSD untuk Simpan Game

20 November 2019, 12:15:33 WIB

JawaPos.com – Sony mengonfirmasi bahwa kartrid Solid State Drive (SSD) bakal bisa digunakan untuk konsol game next-gen mereka, PlayStation 5 (PS 5). SSD akan digunakan untuk media penyimpanan game atau sebagai memori pada konsol game anyar yang dijadwalkan bakal meluncur musim liburan 2020 mendatang.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari LetsGoDigital, Rabu (20/11), informasi soal PlayStation 5 yang akan mendukung kartrid SSD terungkap oleh sebuah paten baru dari Jepang. Dua minggu lalu, LetsGoDigital melaporkan paten misterius dari Sony Interactive Entertainment.

Pabrikan elektronik Jepang itu akhirnya diketahui mematenkan kartrid PlayStation yang tidak dikenal. Beberapa hari setelahnya, diperoleh gambar tambahan soal kartrid SSD yang akan hadir pada konsol game PS 5.

Titik-titik koneksi kartrid terdiri dari 12 pin. Informasi ini dirilis setelah paten diperbarui. Paten juga diterapkan di Brasil. Pada Agustus tahun ini, Sony juga mencatat desain Sony PS5 Dev Kit di kantor paten yang sama.

Paten Sony terkait SSD yang mungkin hadir di konsol game PlayStation 5. (LetsGoDigital).

Paten kartrid awalnya diajukan di Jepang. Dua aplikasi bahkan diajukan di sana. Kedua paten diajukan pada 28 Desember 2018, sedangkan JPO (Kantor Paten Jepang) memberikan persetujuan pada 5 Agustus 2019.

Paten kedua, yang menekankan konektor, juga mencakup gambar bagian dalam kartrid. Ini menunjukkan sebuah chip dengan delapan titik koneksi. Namun, deskripsi yang Sony sendiri telah tambahkan ke dalam dokumentasi jauh lebih menarik.

“Sony Interactive Entertainment Japan: Ini adalah media perekaman yang dapat merekam berbagai data, seperti karakter, gambar, animasi, suara, dan program. Dengan memuat bukaan yang disediakan oleh konsol game dengan bagian ujung di mana berbagai pin atau kartrid ini disediakan, berbagai data yang direkam pada kartrid ini dapat dibaca,” jelas pihak Sony dalam penjelasan patennya.

Dengan demikian, hal ini menegaskan bahwa modul plug-in memang dimaksudkan untuk konsol game. Sony juga telah memfokuskan pada PlayStation 5, sehingga sangat mungkin bahwa kartrid tersebut akan dirancang untuk konsol game baru Sony. Selanjutnya, dapat dilihat dari deskripsi bahwa modul penyimpanan ini dapat membaca informasi juga dapat menyimpan data.

Jika benar Sony PS5 akan memiliki katrid SSD, hal ini tampaknya menjadi langkah cerdas dari Sony. Dengan memilih memori yang dapat di-upgrade, versi dasar PlayStation 5 dapat dipasarkan lebih murah. Pada akkhirnya, harga akan memainkan faktor penting dalam keberhasilan penjualan konsol game ini.

Sejauh ini belum ada informasi tentang kapasitas kartrid. Melihat komputer gaming saat ini dari Sony, PlayStation 4 memiliki hard drive 500 GB dan PS4 Pro memiliki HDD 1 TB. Awal tahun ini pabrikan mengumumkan bahwa cakram blu-ray PS5 juga mendukung hingga 100 GB. SSD 1 TB tampaknya tidak menjadi kemewahan yang berlebihan.

Sony diperkirakan akan menyelenggarakan PlayStation Meeting 2020 pada Februari. Kemudian Sony PlayStation 5 akan secara resmi diumumkan. Pada saat yang sama mungkin akan menjadi lebih jelas tentang judul-judul game yang akan tersedia selama peluncuran.

Diperlukan waktu hingga Natal 2020 sebelum konsol game baru benar-benar tersedia. Ya, musim liburan Natal diyakini sebagai momen yang paling pas sesuai dengan kisi-kisi Sony untuk peluncuran PS 5-nya.

Sumber: LetsGoDigital

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads