alexametrics

Menkominfo: Kecepatan Rata-Rata Internet Indonesia 30 Mbps pada 2035

20 November 2019, 18:16:32 WIB

JawaPos.com – Kecepatan internet di Indonesia dinilai bakal meningkat tahun-tahun mendatang. Bahkan kecepatannya tembus pada 30 Mbps. Hal itu dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerrard Plate saat acara Google for Indonesia (Google4ID) di Jakarta, Rabu (20/11).

Menurut dia, pada 2035 mendatang, kecepatan internet rata-rata di Indonesia akan tembus di kisaran 30 Mbps. Bukan tanpa alasan, transisi ke dunia digital hingga kini tak terelakkan lagi. “Visi indonesia menuju negara digital. Kita punya visi menyiapakn Indonesia di 2035 infrastruktur digital sudah memadai. Kita harapkan pada 2035 kecepatan internet kita sudah pada 30 Mbps,” ujarnya demikian.

Dengan internet yang cepat, dirinya meyakini bahwa hal tersebut akan semakin memudahkan kegiatan berselancar di dunia digital Indonesia. Hal tersebut juga disebutnya akan semakin membawa kontribusi besar pada aspek ekonomi digital di Indonesia.

“Pemerintah akan membangun tiga satelit. Untuk memastikan bisa mencapai 30 Mbps. Sampai akhir periode ini (2024) akan ada satu satelit supaya level internet bisa 10 Mbps. Bakcbone telekomunikasi di dataran dan laut dari Palapa Ring, fiber optik, dan ribuan BTS akan mendukung Indonesia menuju negara digital,” tegas Johnny.

Selain itu, untuk mendukung misi kecepatan rata-rata internet di Indonesia bisa tembus 30 Mbps pada 2035, Sekjen Partai Nasdem itu juga akan melakukan pengaturan ulang frekuensi. “Kita akan atur ulang. Itu non renewable. Hanya bisa reuse. Akan ditata frekuensi yang memungkin 2G, 3G pindah ke 4G  termasuk revolusi digital ke 5G. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah ketersediaan digital talent,” tandasnya.

Ilustrasi: Kecepatan internet. (PCMag)

Kecepatan Rata-Rata Internet Indonesia Saat Ini

Terkait misi mencapai kecepatan internet rata-rata di Indonesia menjadi 30 Mbps pada 2035, lantas berapa kecepatan internet rata-rata di Indonesia saat ini? Juni lalu, OpenSignal merilis laporan koneksi 4G secara global. Dibandingkan dengan negara lain, kecepatan internet Indonesia memang tak cukup baik.

Pada Februari 2019 misalnya, Indonesia duduk di posisi ke-74 dari 77 negara dengan kecepatan internet download paling tinggi 18,5 Mbps dan paling rendah 5,7 Mbps. Sedangkan per Mei, Indonesia berada di peringkat 73 dari 87 negara dengan kecepatan internet rata-rata 6,9 Mbps.

Kendati belum pantas dipuji, kecepatan internet rata-rata di Indonesia masih lebih baik dari negara tetangga, seperti Thailand, Kamboja, maupun India hingga Bangladesh. Tetapi, jika dibandingkan dengan Singapura, Filipina, Vietnam, atau Myanmar, Indonesia untuk kecepatan internetnya memang terbilang payah.

Adapun dalam laporan OpenSignal per Mei lalu itu, Korea Selatan (Korsel) menduduki peringkat teratas sebagai negara dengan koneksi internet terbaik. Korsel memiliki kecepatan internet rata-rata hingga 52,4 Mbps.

Sementara untuk internet kabel, berdasarkan laporan Ookla, rata-rata kecepatan internet di Indonesia menduduki peringkat 42 dari total 46 negara lain. Hasil ini diperoleh dari data Ookla pada Desember 2018.

Rata-rata kecepatan internet kabel di Indonesia adalah 15,5 Mbps, sementara rata-rata kecepatan internet kabel dunia sebesar 54,3 Mbps. Kecepatan ini rata-rata mengalami kenaikan 33 persen tiap tahun.

Sementara untuk internet mobile atau seluler, masih menurut Ookla, Indonesia kembali menduduki peringkat buncit. Dari 45 negara, Indonesia berada di peringkat 43. Kecepatan internet seluler Indonesia tercatat sekitar 10,5 Mbps. Sementara rata-rata kecepatan internet selular dunia ada di angka 25,1 Mbps dan naik 18 persen tiap tahunnya.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads