alexametrics

Canggih, Tiongkok Mau Bikin Bendungan 180 Meter Hanya Pakai 3D Printer

20 Juni 2022, 13:17:17 WIB

JawaPos.com – Teknologi printer 3D alias tiga dimensi saat ini banyak digunakan untuk membantu banyak keperluan di bidang industri. Seperti namanya, printer 3D membantu para engineer untuk membuat semacam mal atau cetakan desain bahkan langsung benda jadi.

Melangkah lebih jauh, teknologi 3D printer kabarnya akan dimanfaatkan Tiongkok untuk membangun sebuah bendungan. Ya, bendungan, bayangkan seperti apa dan sebesar apa printer tersebut.

Dikutip dari Ubergizmo, Tiongkok berencana untuk mencetak bendungan besar di Tibet dengan teknologi printer 3D dengan desain bertenaga Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan tanpa pekerja manusia. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan lima miliar kWh listrik per tahun dari bendungan tersebut.

Proyek ini berawal dari laboratorium hidrosains dan teknik di Universitas Tsinghua 10 tahun lalu, dengan gagasan keseluruhan untuk membangun printer 3D terbesar di dunia secara efektif. Seperti bisa dibayangkan, itu akan berkali-kali lebih besar dari apa yang mungkin pernah kita lihat saat ini.

Seperti halnya percetakan 3D tingkat konsumen, bendungan setinggi 180 meter ini akan dibangun dalam satu irisan (lapisan) pada satu waktu dengan cara yang sangat tepat dan sistematis. Tetapi mengesampingkan pekerja manusia dan hanya untuk menggunakan robot yang dikemudikan oleh AI terbukti lebih menantang dari yang terlihat.

Secara teori, robot mungkin bisa bekerja lebih cepat dan tepat bahkan dalam kondisi berbahaya. Namun, medan dan kondisi cuaca mungkin menjadi tantangan. Banyak pihak menilai, situasi apa pun yang tidak dapat ditangani oleh robot harus dilakukan oleh manusia.

Proyek ini sebelumnya diharapkan selesai pada tahun 2024, yang akan sangat mengesankan jika timeline ini dapat dipenuhi. Namun mengingat kondisi saat ini yang masih tak menentu karena pandemi Covid-19, hal tersebut tampaknya mustahil dicapai.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads