alexametrics

Rumor: iPhone 2019 Masih Pakai Konektor Lightning, Bukan USB-C

20 Februari 2019, 15:27:18 WIB

JawaPos.com – Rumor soal iPhone 2019 atau iPhone XI kembali mencuat. Produk Apple itu akan mempertahankan konektor Lightning daripada mengadopsi USB-C, seperti yang dimiliki iPad Pro.

Kabar tersebut dikatakan TF Analis Sekuritas Internasional Ming-Chi Kuo Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman AppleInsider, Rabu (20/2). Dia berpendapat bahwa semua model iPhone 2019 nantinya masih menggunakan konektor Lightning daripada mengadopsi USB-C. iPhone 2019 atau iPhone XI juga diharapkan bakal mengemas kamera TrueDepth milik Apple sendiri sebagaimana dirumorkan sebelumnya.

TrueDepth mungkin akan mendapat pembaruan dengan teknologi higher-power flood illuminator dengan daya lebih tinggi untuk pengenalan Face ID yang lebih baik. Kuo juga meyakini bahwa iPhone model LCD yang menjadi perangkat paling murah dari line-up iPhone terbaru dengan layar 6,1 inci mungkin ditingkatkan penyimpanannya dengan 4 GB RAM, naik dari 3 GB saat ini pada iPhone XR.

iPhone 2019, iPhone 2019 rumor, iPhone 2019 USB-C
Ilustrasi: konsep render iPhone 2019 dengan tiga kamera utama. (OnLeaks/DigitIn)

Seperti dikabarkan, Kuo percaya iPhone top-end akan menjaring sistem kamera tiga lensa dengan masing-masing kemampuan wide, telefoto, dan ultra-wide. Lainnya, semua atau sebagian dari line-up iPhone terbaru direncanakan bakal mendapatkan teknologi Ultra-Wide Band (UWB) untuk pemosisian dan navigasi di dalam ruangan yang lebih baik.

Material kaca yang lebih gelap dan baterai yang lebih besar juga menjadi salah satu keunggulan iPhone next generation itu. Kemudian, salah satu tambahan yang menarik adalah apa yang disebut pengisian nirkabel ‘bilateral’. Fitur tersebut memungkinkan telepon untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel. Fungsinya mirip dengan yang ada pada Huawei Mate 20 Pro yang bisa dijadikan juga sebagai perangkat pengisi daya nirkabel bagi smartphone lain.

Berbagai rumor sebelumnya juga menyebut bahwa iPhone akan beralih ke USB-C pada 2019. USB-C ini tentu akan menggeser semua perangkat utama Apple ke teknologi yang memungkinkan satu kabel digunakan transfer data maupun pengisian daya. Namun hal itu akan memicu keluhan tentang ketidaksesuaian aksesori, seperti yang terjadi ketika Apple bergeser dari konektor 30-pin ke Lightning pada 2012.

Seperti biasanya, Apple kemungkinan besar akan mengumumkan iPhone 2019 pada September mendatang, dan mengirimkannya segera setelah acara peluncuran. Untuk pasar Indonesia, umumnya iPhone terbaru hadir pada Desember. Waktunya bisa sebelum Hari Natal atau sesudah Hari Natal.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Rumor: iPhone 2019 Masih Pakai Konektor Lightning, Bukan USB-C