alexametrics

Airbus akan Terapkan Teknologi Berbasis IoT di Kabin Pesawatnya

19 September 2019, 12:16:56 WIB

JawaPos.com – Airbus telah memulai uji coba di dalam pesawat terhadap teknologi kabin yang terhubung dengan Internet of Things (IoT) di atas pesawat A350-900 Flight Lab. Dengan melakukan hal itu, Airbus menjadi produsen pesawat pertama yang melakukan uji terbang terhadap inovasi kabin terhubung IoT.

Dalam laman resminya, sebagaimana dikutip pada Kamis (19/9), platform yang dikenal sebagai Airspace Connected Experience itu diluncurkan di APEX Expo tahun lalu. Ini akan mengantarkan pengalaman baru bagi penumpang serta memberikan peluang untuk meningkatkan pendapatan tambahan maskapai dan efisiensi operasional.

Flight Lab adalah salah satu dari pesawat uji terbang sertifikasi A350-900 asli MSN002 dan dilengkapi dengan kabin Airspace yang sekarang berfungsi sebagai platform ideal untuk mengevaluasi teknologi kabin yang terhubung dalam penerbangan. Untuk tujuan ini, bersama dengan mitra kabin terbaik di kelas Airbus, satu set elemen kerja awal telah dipasang.

Ini termasuk prototipe iSeat (Recaro) yang terhubung, Connected Galley (gategroup), sistem kontrol manajemen kabin nirkabel jarak jauh, layar OLED besar, dan yang penting, langkah pertama Airbus IoT backbone ini mencakup platform perangkat lunak terbuka (open source). Semua inovasi ini sekarang sedang diuji dalam penerbangan bersama dengan tim sebelum diungkap kepada publik.

Ekosistem kabin yang terhubung akan memungkinkan layanan bernilai tambah yang signifikan bagi penumpang, maskapai penerbangan, dan kru. Penumpang akan mendapat pengalaman perjalanan yang lebih personal yang secara khusus ditargetkan untuk kebutuhan dan preferensi individu, berdasarkan data yang tersedia.

Secara khusus ini mencakup tiket pra pemesanan, makanan pilihan, pemesanan ruang kabin pribadi, pengaturan posisi kursi individual, serta penawaran IFE dalam penerbangan yang dibuat khusus. Airlines akan dapat menghasilkan pendapatan tambahan melalui ritel dan iklan yang dipersonalisasi serta layanan baru, semua dimungkinkan oleh pendekatan IoT.

Selain itu, maskapai penerbangan akan dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya dengan menerapkan pemeliharaan prediktif, menghindari pemborosan, dan membuat layanan kru lebih efisien. Peluang lain dapat dengan mudah dibuat dan diterapkan melalui aplikasi.

Crew pesawat juga disebut akan menemukan lingkungan kerja yang lebih baik dengan peralatan yang lebih efisien, diaktifkan secara digital oleh data real-time dari platform IoT di seluruh kabin. Perangkat cerdas seluler juga akan memungkinkan kru memantau dan mengoperasikan semua komponen.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads